[Rekap] About Drama Korea 2016

9:28 AM

Tidak mengurangi segala kenikmatan Tuhan selama hidupku, aku hanya ingin menggambarkan kalau tahun 2016 ini tahun yang luar biasa, dan aku sebut tahun ini Beuatiful Year. Enggak kerasa banget satu tahun ini berlalu, karena hari-hariku diisi dengan menunggu drama yang bagus dan keren tiap hari setiap bulannya dan sepanjang tahun ini.

Sudah dari SD aku nonton drama korea, waktu itu ikut-ikutan kakak nonton drama di TV lokal (jaman aku SD belum ada Internet boro-boro Internet orang computer aja jarang ada yang punya bahkan jarang ada yang tahu benda itu :P), lupa-lupa ingat dulu nonton apa aja pas SD, terus lompat ke SMP (waktu itu lagi booming-boomingnya drama korea di TV ikan terbang steiap akhir pekan) dan Drama Korea yang aku ikuti sampai selesai dan aku jatuh hati itu "Full House" entah tahun berapa itu? lupa, dan aku fans berat sama Unni Song Hye Kyo waktu itu, dan setelah itu aku ngikuti terus drama yang ditayangkan di TV, sampai SMA aku baru tahu namanya komputer dan internet dan aku baru tahu ternyata drama yang ditayangkan di TV lokal itu bukan drama OnGoing dikorea sono, alias drama yang udah lama Tamat dinegaranya, hahaha


Sejak tahu, aku mulai rada males mengikuti drama di TV karena sering ngikuti drama OnGoing lewat internet, dan kalau drama yang aku ikuti muncul di TV aku berasa keren udah tahu ceritanya duluan dibanding keluargaku wkk.

Dan baru kerja aku baru berani buka blog itupun gak ada isinya, adapun isinya gak nyambung gak tentang dunia korea dan masih amatiran banget, asal copy paste, entah Blognya siapa yang jerumusin aku akhirnya membuat blog ini isinya tentang Dunia perdramaan korea dan lain sebagainya yang berbau korea, dulu banyak banget blog tentang drama korea yang keren-keren sayang seiring jalannya waktu blog-blog itu menghilang, ada yang dihapus, terhapus ataupun hiatus.

Okelah, aku juga angin-anginan nonton drama korea dan ngeblog hahaa, aktif ngeblog sih 2012 itupun isinya gak melulu tentang Korea, terus tahun 2013 aku mulai memberanikan diri membuat sinopsis sampai sekarang berani nulis sinopsis (walau banyak sinopsisku yang kena DMCA huft), terus 2014-2015 aku mulai malas-malasan ngikuti dramkor, dan baru diakhir tahun 2015 sampai 2016 mulai semangat ngedrama lagi.

Oke maafkan curhatanku yang panjang :P, oke tahun ini kita mengenal sistem syuting baru yaitu Pra-Produce, ternyata banyak yang belum tahu Pra-Produce itu apa? sering liat orang komen di FP atau Twitter (kenapa drama pra-produce tayangnya lama? yaelah?), Pra-Produce itu syuting dahulu baru ditayangkan, seperti syuting untuk film itu juga ditayangkan setelah keseluruhan proses syuting selesai.


Alasan mereka menerapkan sistem Pra-Produce karena mereka ingin meminimalisir cedera para aktor dan aktris dan tidak memporsir waktu syuting karena terburu-buru jadwal tayang, jadi mereka bisa memberi waktu istirahat bagi semua pihak yang terlibat didalam sebuah drama. (info yang pernah aku baca seperti itu :P).

Tapi menurutku mending yang menerapkan sistem ini Drama yang ada adegan action berbahagia, atau drama type fantasy yang butuh wkatu mengedit, kalau drama melo dan romcom mending gak usah pake sistem beginian tapi ya terserah mereka juga sih.


Dan Drama Pra-Produce tahun 2016 (yang sebenarnya ada beberapa yang memproduksi sebelum tahun 2016), diantaranya adalah :
  1. Descendants of The Sun, 
  2. Goodbye Mr Black, 
  3. Uncontrollably Fond, 
  4. Scarlet Heart Ryo, 
  5. Cinderella and Four Knight, 
  6. Entorouge 
  7. dan Hwarang. 
Mungkin dari daftar itu yang sukses cuma DoTS sejauh ini, sementara UFo sukses boomingnya saja tapi hasilnya diluar ekspektasi, sementara MoonLovers sukses populer diluar negeri gingseng. Yang lainnya sih statik, Cinderella juga lumayan sih, kalau Entorouge ratingnya sama menyedihkan, sedangkan Hwarang tayang akhir-akhir Desember, saat artikel ini ditulis Hwarang belum tayang.

Kalau dilihat-lihat drama yang sukses ditahun 2016 ini mengusung tema 1) Tema yang tidak biasa, 2) Tema yang umum. 1) Nah untuk Tema yang tidak biasa, DoTS misalnya jarang banget ada drama yang berani ngambil tema tentang Tentara dan bencana? kan jadi menjadi sesuatu yang baru bagi dunia pendramaan korea.
2) Tema yang biasa, nah tema yang biasa yang selalu mendapat ratting tinggi adalah tema tentang kedokteran beserta Daily Romance dan Drama Not Sadly ruller, mereka sepertinya sudah fasih benar tentang dunia dokter ini, bahkan semakin kesini kelihatan semakin nyata, dan K-Netz mungkin lebih suka drama yang happy-happy gak melulu sedih gitu.


Karena itu sepanjang tahun banyak banget drama yang mengambil karakter peran seorang dokter antara lain :
  1. DoTS - Dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo)
  2. Doctors - Yoo Hae Jung (Park Shin Hye)
  3. W-Two Worlds - Oh Yoon Joo (Han Hyo Joo)
  4. Romantic Doctor, Teacher Kim - Yoon Seo Jung & Kang Dong Joo (Seo Hyun Jin & Yoo Yun Suk )
  5. Beautiful Mind - Lee Young Oh (Jang Hyuk)
Mba dokternya cantik-cantik ya? betah yang sakit kalau gitu haha, selain peran dokter yang dari tahun kemarin sesungguhnya sudah mewabah, satu tokoh/peran baru didalam dunia drama yang ngetren yaitu militer/agen rahasia, misalnya :

  1. DoTS - Tentara (Pasukan Khusus), Yoo Shi Jhin & Seo Dae Young (Song Jong Ki & JinGoo)
  2. Goodbye Mr Black - *Tentara/Agen khusus, Cha Ji Won/Black (Lee Jin Wook)
  3. K2 - Agen/Pengawal Pribadi - Ji Chang Wook
*Mian kalau salah, aku gak nonton dramanya sih

Dan semuanya berhubungan dengan action, senjata tajam/pistol dan tentunya darah? kalau digabungin dengan dunia doctors cocok hahaha. Setelah terbiasa dengan dunia kedokteran, tahun ini ada tokoh/peran yang baru (aku tonton sih?) yaitu Pramugari, aku baru tahu loh cara kerja mba/mas pramugari itu gimana? setelah nonton drama yang tokohnya ada yang jadi Pramugari, seperti :

  1. On The Way to The Aiport - Choi Soo Ah (Kim Hae Neul)
  2. Man Living at My House - (Soo Ae)
Itu beberapa peran/tokoh yang membuatku terkesan, setelah cara produksi, peran/tokoh, sekarang ngomongi Genre, biasanya aku kalau liat sebuah drama selalu liat ini drama genrenya apa? jadi otakku bisa mengkondisikan nanti ceritanya gimana? hahaha, kalau yang sudah katam dengan genre-genre dramkor selalu tahu kalau sebuah drama yang genrenya sama walaupun kisahnya beda intinya tetap sama dan endingnya juga bisa ditebak.

Aku gak akan mengulas semua cerita, hanya beberapa saja (mungkin?), sepertinya tahun ini mereka (TV penyiarannya) mengkondisikan atau sudah berdiskusi sebelumnya? atau terjadi begitu saja? entahlah? drama mereka mau dibikin genre apa? bisa kita lihat sepanjang tahun 2016 ini, drama Rabu-Kamis keliatan banget persaingan sengit mereka?

KBS mereka memilih Genre Melodrama (huft) yap genre yang dulu aku benci setengah mati, tapi ditahun ini aku jadi suka sekali LoL, dari drama-drama rabu-kamisnya KBS yang membuat hati pilu, nyesek kadang banjir airmata ini, tapi didalamnya banyak menyimpan petuah kok? dan drama-drama itu antara lain?
  1. Descendants of The Sun (Masih ada Romcomnya ini, gak mungkin nangis :D)
  2. Master : Good of Noodles (aku gak nonton :D)
  3. Uncontrollably Fond (sudah jangan tanya, udah nyebelin endingnya bikin mewek)
  4. On The Way To The Airport (bikin baper, tapi endingnya Good)
  5. Oh My Geumbi (KBS kan Kamvret, 6 episode perdana suskes bikin mewekTT)
Lanjut ke SBS yang memilih Genre Romance Daily, walau kadang gak melulu Romance sih, tapi genre ini yang selalu sukses mencuri ratting, tapi genrenya paling malesi menurutku, dan sepanjang tahun gak ada satupun dramanya SBS ini yang ngena dihatiku.
  1. Entertainer (Boring banget alur ceritanya, cuma ketolong Dandara Bandnya hahaa)
  2. Jealousy Incarnate (sama sekali gak minat nonton)
  3. The Legend of The Blue Sea (masih tayang, tapi aku stuk di episode  6, kapan-kapan lanjut nonton ah)
Lanjut si MBC, yang akhir-akhir ini menemukan jati dirinya ke dunia RomCom yang fresh, walau kadang-kadang mereka berani mengambil tema diluar itu, misalnya W yang sukses bikin stress penontonya :D.
  1. Goodbye Mr Black, (nonton cuma satu episode, gak minat lanjut)
  2. Lucky Romance (nonton cuma 2 episode, gak ada alasan buat lanjut)
  3. W (ini ada lucunya gak sih? aku terlalu fokus sama alur ceritanya sih hahaha)
  4. Shopping King Louie (emang lucu, tapi aku boring dan gak lanjut nonton cuma sampai ep 10)
  5. Weightlifting Fairy, Kim Bok Joo (masih OnGoing dan masih aku tonton)
Diluar Rabu-Kamis mereka juga lumayang kok, misalnya drama Senin-Selasa yang keliatan banget bersaingnya antara KBS-SBS dan mereka gantian menangnya LoL? terus drama keluarga akhir pekan juga ada yang bagus, setelah mungkin bosen dengan drama TV biasa, drama dari TV berbayar mulai unjuk gigi, dan mereka lebih berani mengambil tema, ciri khas dan cerita yang berbeda dari TV nasional, misalnya

tvN, Tahun ini aku lebih banyak nonton dramanya ini tv walau kerap sekali diPHPin sama endingnya wkk, dan kadang nonton karena penasaran pas awal-awal tapi setengah ke ending merasa boring sama drama-dramanya, seperti :
  1. Reply 1988 (aku gak nonton sampai tamat sih, cuma beberapa episode karena penasaran karena ini drama heboh banget pas akhir-awal tahun 2016).
  2. Cheese in The Trap (aku tonton sampai tamat, tapi endingnya gak jelas blas)
  3. Oh Hae Young Again (ya, tertarik karena heboh juga ditime line, tapi aku mulai boring pas ep 10 keatas, walau akhirnya selesai nonton juga sampai Tamat)
  4. Lets Fight Ghost (nonton sampai tamat, yah gitu deh gak bagus2 amat gak buruk juga, lumayan)
  5. K2 (Action, lompat-lompat nonton dan akhirnya gak lanjut :D)
  6. Goblin (masih tayang, semoga gak boring ditengah jalan :D)

jTBC, aku baru tahu ini TV (kudet :P), dan entah mulai kapan tuh TV ada, aku males cari info, tapi baru 2 drama dari tuh TV yang aku tonton, pertama My Love Eundong entah itu drama tahun berapa, aku nontonya juga gak sampai selesai :P. Dan tahun ini, aku nonton Mirror of The Witch dan sukses bikin aku baper, penasaran dan sampai-sampai aku buat sinopsinya.

OCN, sama seperti jTBC aku juga gak tahu tuh TV kapan munculnya, dan sampai saat ini belum satupun dramanya aku minat nonton :P, next time kalau ada waktu dan ada yang aku pengen nonton, kalau ada :D.

Dan jangan lupa sama WebDrama, walau cuma 10-15 menit per episode, tapi kadang mencuri perhatian, tapi sayangnya sampai detik ini, belum satupun WebDrama yang berhasil aku tonton sampai tamat, entah males saja nontonnya :D, ada beberapa yang aku kepoin ditahun ini tapi hanya bisa nonton beberapa episode doang, semisal :
  1. Nightmare Teacher
  2. 7 First Kisses (masih tayang dan belum nonton)
Tulisanku kepanjangan yak? biarin ah nanggung juga, setelah ngomongin peran/tokoh, genre, tv sekarang mau ngomongin Aktor dan Aktrisnya. Aku diawal nulis ini tahun adalah Beautiful Year yap, banyak alasan salah satunya karena ditahun ini banyak Aktor/Aktris/Idol senior keluar kandang alias comeback, siapa saja mereka?
  1. Song Hye Kyo (DoTS) terakhir unni ngedrama tahun 2013 (That Winter, That Wind Blows).
  2. Song Jong Ki (DoTS) Comeback habis wamil dan berhasil mematahkan kutukan wamil, terakhir ngedrama tahun 2012 (Nice Guy).
  3. Yoon Shi Yoon (MoTW) Comeback dari wamil langsung ditawarin drama, tapi sayang pasangannya minor, walau dramanya gak gagal, tapi juga gak terlalu sukses, tapi dia sekarang main di Variety Show.
  4. Bae Suzy (Uncontrollably Fond) sayang comebacknya gak sukses, terakhir ngedrama tahun 2013 (Gu Family Book).
  5. Han Hyo Joo (W) butuh 6 tahun wow, unni satu ini terakhir aku nonton dramanya yaitu DongYi tahun 2010.
  6. Lee Min Ho (The Legend of The Blue Sea) ngikut pacarnya eaa, mas ini comeback setelah 3 tahun drama terakhirnya The Heirs tahun 2013.
  7. Jun Ji Hyun (The Legend of The Blue Sea), alasan dia vacum karena dia hamil ya, dan drama terkahirnya tahun 2013 yaitu My Love from Another Star.
  8. Gong Yoo (Goblin) Butuh 4 tahun untuk kembali kelayar kaca, karena om satu ini fokus di Film, drama terakhirnya yang aku tonton itu BIG tahun 2012.
* Yang ditungguin comeback selanjutnya itu mas Kim Soo Hyun, kemana ajah mas? keburu wamil entar hahaha, eh udah wamil belum sih doi?

Hembt siapa lagi? ada yang mau nambahin? otakku sudah panas berfikir soalnya hahaha? setelah ngomongin comeback, sekarang ngomongin yang debut? entah itu aktor/aktris/idol, kebanyakan sih Idol dan aku awam banget tentang peridolan sebenarnya ha ha ha, okey ini beberapa yang aku tahu :
  1. Onew (SHINe) debut didrama DoTS, walau gak jadi pemeran utama, tapi jadi peran yang cukup kelihatan dan actingnya juga menuai pujian.
  2. NaNa (After School) debut di drama The Good Wife, gak nonton dramanya, cuma liat komen kalau actingnya bagus gak kalah sama Uee temen segrupnya.
  3. Baekhyun (EXO), sebenarnya dia pernah main diwebdrama bareng grupnya, tapi untuk debut ecting didrama sesungguhnya mungkin di Moon Lovers ini yah, tapi K-Net kejem mengkritik dia, kalau menurutku sih actingnya gak buruk-buruk amat untuk ukuran Idol.
  4. Nam Ji Hyun (Shopping King Louie) gak bisa dibilang debut juga, dia mantan aktris cilik, tapi di Shopping King ini dia untuk pertama kalinya dapat peran utama wanita, walau sama-sama mantan aktris cilik tapi dia masih kalah tenar sama Trio Kim.
  5. Trio Kim (So Hyun, Yoo Jung, Sae Ron) aku masukin daftar debut untuk masalah mereka bener-bener keluar dari imej aktris cilik dan ditahun ini mereka menerima tawaran pemeran utama dipasangkan oppa yang sudah dewasa dan naskahnya bukan tentang cerita anak-anak atau remaja lagi, tapi tetap jatuhnya kek masih agak kurang ya?.
  6. Kim Go Eun, debut yang kumaksud adalah dia baru pertama kali main di drama, biasanya dia main di Film gitu.
Kalau mau nambahin silahkan aku sudah males buat mengingat lagi hahaha, oke apalagi ya yang dibahas? *berfikir, oh ya ditahun ini ada juga loh yang main drama lebih dari 1 kali bahkan ada yang sampai lebih dari 3 kali WoW, siapa saja mereka?


Hyeri : Reply 1988 & Entertainers (Leads)
Park Bo Gum : Reply 1988 & Moonlight Drawn by Clouds (Leads)
Ryu Joon Yeol : Reply 1988 & Lucky Romance (SLeads & Leads)
Go Kyung Po : Reply 1988 & Jealousy Incarnate (Support & SLeads)
Lee Dong Hwi : Reply 1988 & Entorouge (Support)
Choi Sung Won : Reply 1988 & Mirror of The Witch (Support)
Ra Mi Ran : Reply 1988, Please Come Back Mister, Tailor Shop, Rude Miss Young Ae (Support)
Kim Sun Young : Reply 1988, Miss Temper Nam Jung Gi, Wanted, Shopping King Louie, Father I'll Take Care of You. (Support)
Sung Dong Il : Reply 1988, Pied Piper, Dear My Friends, Moon Lovers, The Legend of The Blue Sea, Hwarang.

Kim Go Eun : Cheese in The Trap & Goblin (Leads)
Seo Kang Joon : Cheese in The Trap & Enterouge (SLeads & Leads)
Lee Sung Kyung : Cheese in The Trap, Doctors & Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (Support, SLeads, Leads) wuih peningkatan unni *prok-prok
Nam Jo Hyuk : Cheese in The Trap, Moon Lovers & Weighlifting Fariy Kim Bok Joo (Support, Leads)
Ahn Kil Kang : Cheese in The Trap, Jackpot, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (Support)

Kang Ki Young : Please Come Back Mister, W-Two Worlds, Lets Fight Ghost & Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (Support)
Lee Tae Hwan : Please Come Back Mister, W-Two Worlds, Father I'll Take Care of You (Support, Leads)

Seo Hyun Jin : Oh Hae Young Again & Romantic Doctor Teacher Kim (Leads)
Yeo Ji Won : Oh Hae Young Again & Page Turner (Support)
Lee Jae Yeon : Oh Hae Young Again & Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (SLeads)

Park So Dam : Beautiful Mind & Cinderella and Four Knights (Leads)

Siapa lagi yak? haduh semakin panjang tulisanku :P, sekarang setelah dilihat-lihat yang bermain menjadi Leads dalam dua drama berbeda ditahun 2016 ini, menurut kalian apakah kesannya sama atau beda? tak jarang juga yang gagal didrama keduanya tapi ada juga yang tetap sukses, ada pula yang setiap drama peranya sama saja, tapi ada pula yang jadi beda banget, mungkin karena tuntutan peran dan karakter, tapi menurutku yang paling beda banget Kim Go Eun pas di CITT dan Goblin ini, aku bisa melihat perbedaannya, Good Job unni :D

Terus kita tahun ini juga heboh dengan istilah "Lucky Girl", apa sih itu? gadis yang beruntung, kenapa beruntung karena dia beruntung bisa bermain dengan beberapa orang cowok/pria keren (idola semua kaum wanita, maybe) dalam satu drama sekaligus, nah aku buatin daftarnya, bagi kalian siapa yang paling beruntung diantaranya :
  1. IU - Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (Kita semua tahu dramanya bertaburan cogan-cogan, dia sendiri dikisahnya direbutin 3 cogan sekaligus)
  2. Lee Cho Hee - 7 First Kisses (Ini aktris bukan kelas elit, tapi mungkin ini yang dinamakan bener-bener beruntung, dia bermain dengan 7 pria kelas Male Leads sekaligus dalam satu webdrama)
  3. Go Ara - Hwarang : The Beggining (Drama saeguk juga nih, sama dengan Moon Lovers drama ini juga bertabur cogan, dan mengusung cinta segitiga sepertinya)

Selain Lucky Girl, ada juga trend perbedaan usia paman-keponakan yang menimbulkan banyak protes terutama dari Trio Kim, artikel aku buat terpisah sendiri di sini

Sekarang kita bahas adegan di drama, dan yang paling menarik perhatianku beberapa hari kebelakang ini yaitu bromance? karena aku cewek jadi biasa saja liat pertemanan cewe (yah gitu deh, cewek itu rukun sejahtera saling menguatkan tapi disisi lain saling iri wkkabur), kalau cowok itu rame terus keliatan gak akur tapi saling pengertian eaaa, kek beberapa bromance dibawah ini :

  1. Yoo Shi Jin & Seo Dae Young (DoTS) wkk tentara kocak yang sama-sama galau karena wanita eaa lucuk.
  2. Heo Jun & Dong Rae (MotW) Bromance gokil, mau dandan konyol buat dapet uang sama-sama, sayang mereka terpisahkan karena kondisi yang Choi Sung Won yang DO karena sakit)
  3. Tantara Band (Entertainer) menurut karena merekalah jadi daya tarik sendiri nonton nih drama.
  4. PM Lee Young & Kim Byung Yeon (Moonlight Drawn by Clouds) bromance ala-ala joseon nih, selalu memiliki kesan sendiri, apalagi antara pengawal dan tuannya, apalagi pas Byung Yeon tertusuk didepan PM Lee Young eaaa.
  5. Kim Shin & Wang Yoo (Goblin) Udah dech ni alasan utama aku nonton drama ini karena dua om-om itu, apalagi karakter mereka didrama itu yang super unyu gak berhenti bikin ketawa, best bromance menurutku.
Selain bromance, yang menarik perhatianku adalah scene alias cinematography, ada banyak drama yang keren dan malah ada yang mengunggulkan sisi tersebut, terutama drama Pra-Produce luar biasa cinematographynya seperti nonton film, mungkin karena mereka pra-produce jadi punya waktu untuk membuatnya menjadi indah, tapi drama stripping juga ada yang keren kok, nah drama-drama itu :



  1. On The Way to The Airport (The best cinematography tahun ini menurutku pribadi, kalau enggak percaya coba tonton saja, setiap sudut yang mereka ambil bahkan ditempat biasapun terasa begitu indah)
  2. Uncontrollably Fond (Karena ini drama pra-produce, jadi mereka bisa syuting 4 musim sekaligus, aku suka pas daun-daun berguguran, pas hujan salju dan juga bunga sakura bermekaran terkesan begitu nyata seperti kita ikut merasakan keindahan musim itu juga)
  3. Moon Lovers (Ini juga karena Pra-Porduce plus action saeguk jadi memang ada beberapa yang butuh cinematography keren, aku suka pas terjadi gerhana matahari lalu pas taman dibelakang istana begitu indah dan keren)
  4. Goblin (Bukan Pra-produce, tapi ini stripping jauh-jauh hari jadi mereka punya banyak waktu kali ya, mungkin karena ini didanai sungguh-sungguh jadi hasilnya juga bagus, setiap pengambilan gambarnya aku suka untuk sejauh ini)

The picture not my own
Dan banyak drama korea yang mengambil lokasi syuting ke luar negeri, misalnya :
  1. DotS - Urk
  2. On The Way To The Airport - Malaysia
  3. The Legend of The Blue Sea - Spanyol
  4. K2 - Spanyol
  5. Father I Will Take Care of You - Taiwan
  6. Goblin - Canada
Setelah syuting keluar negeri, dan juga Cinematography, oh ya sepanjang tahun ini disuguhi banyak adegan payung, banyak banget didrama ini pake scene gitu? menurutku mana yang paling berkesan dan beda? setiap drama pasti punya kesan sendiri ya, nah umbrella scene itu diantara lain :

  1. Reply 1988 (uhuk, sepertinya ini sensitive :D)
  2. DoTS (ini payungan ala Bromance)
  3. Page Turner (musuhan sih tapi ya gitu ujung-ujungnya perhatian juga)
  4. Oh Hae Young Again (Cieee, ehem2 mba Hae Young dipayungi sama disarange.i)
  5. Lets Fight Ghost (Duh de So Hyun, mau donk gantian :P)
  6. Moon Lovers (Payung ala goryeo, bukan payung sungguhan ini jubah sih tepatnya)
  7. On The Way to The Airport (Gegara scene ini ya mereka jadi affair hahaha)
  8. Goblin (Uhuk, scene yang bikir baper, tapi hujannya ini bukan hujan karena cuaca sih tapi tetep kesannya romantis, eaaa)

Hembt, apalagi? sudah ah terlalu panjang :D ini, kalau mau nambahi silahkan bisa kontak aku? nanti aku edit lagih? hahaha, dan aku gak mau membandingkan satu drama dengan lain, karena selera orang berbeda-beda, menurutku bagus tapi menurut orang lain mungkin tidak bagus.

Terus untuk tahun depan? apa ya aku gak terlalu berharap seperti akhir tahun 2015, ya mungkin dramanya masih pakai genre itu (Melodrama, Romance, Comedy, Fantasy, Action, dll) semoga lebih berani lagi ada yang ngambil tema diluar itu, terus kangen drama saeguk berkualitas, kabar bahagianya si master saeguk MBC sudah menyiapkan dua drama saeguk sekaligus, yippy semangat menyambut drama eh Tahun 2017.

Dan sepertinya beberapa drama yang belum sempet aku tonton ditahun ini, aku mau nonton ditahun depan. Ada yang Happy Ending, Sad Ending dan Open Ending, ada yang sesuai dan enggak sesuai harapan kita, ada yang paling berkesan juga, mungkin aku malah jatuh ke Mirror of The Witch karena aku buat sinopsinya jadi itu drama punya tempat tersendiri dihatiku eaaa.

Untuk masalah OSt aku sudah pernah posting daftarnya disebelah sini
Sementara untuk daftar Drama Korea sepanjang tahun 2016, ada disebelah sini

Akhir kata sebelum tulisanku semakin panjang, Selamat tinggal 2016, time to say goodbye beautiful year, sarangheyoo, welcome 2017, and Happy New Year everyone, gomawoyo sudah mengikuti blogku selama setahun ini, sampai jumpa ditulisanku tahun depan yak? masih bingung mau buat project apa? mau nulis sinopsis apa yaa? dan maaf kalau ada kesalahan penulisan atau penyebutan suatu karakter, mianhe ^^

Credit : Koreandrama.org, and pict take from another sources by google image.

"Merry Christmas and Happy New year 2017"
"Wish we all the best"

You Might Also Like

0 comments

AdSense

Popular Posts