Kaleidoskop Drama Korea 2016

11:53 AM

Beautifull year, sepanjang tahun 2016 ini banyak banget drama yang aku sukai, tahun yang hebat menurutku pribadi, bagaimana menurut kalian? sudah berapa banyak drama yang kalian tonton sepanjang tahun 2016 ini? kalau bisa ngikuti semuanya kalian luar biasa? pas buka postinganku diakhir tahun 2015 judulnya Kaleidoskop Drama Korea 2015, dipostinganku itu aku berharap kalau waktu itu tahun lekas berganti karena aku memprediksi tahun 2016 ini banyak banget drama bagus dan ternyata sungguhan terjadi, heol Daebak, dan aku enggak ngerasa 1 tahun sudah berlalu.

ya Tuhanku, perasaan aku baru kemarin berdoa semoga tahun cepat berganti menjadi 2016 dan enggak terasa banget sekarang tahun yang kudoakan itu sudah mau berakhir saja, aku nulis postingan ini awal bulan Desember, memang aku membuatnya pelan-pelan selagi ada waktu luang, dan sengaja aku posting dipertengahan bulan Desember, sebenarnya mau diakhir desember tanggal 31 tapi ternyata sebelum tanggal itu sudah selesai, jadi aku psoting saja ^^.

Kalau tahun 2015 ada 23 + 1 (drama akhir tahun jadi tamatnya ditahun 2016) drama yang berhasil aku tonton (tapi beberapa gak selesai aku tonton bahkan sampai sekarang hehe). Kalau begitu, Mari kita lihat berapa banyak drama yang sudah aku tonton di tahun 2016 ini :

1. Remember : War of The Son


Kenapa aku tulis lagi? karena ini drama Tamatnya di tahun 2016 jadi aku masukin daftar lagi hehehe. Ini drama SBS yang bikin aku illfeel sepanjang tahun 2016 ini sama SBS *LoL. Aku gak bilang ini dramanya buruk atau gimana, malah aku suka banget nyatanya walau alurnya berat dan bikin menyiksa hati tapi berhasil aku tonton sampai Tamat.

Tapi rasanya aku masih nyesek ajah, ini drama pertama yang bikin aku baper sampai nangis walau di episode yang waktu Jungwoo hilang ingatannya entah episode berapa itu, dari situ illfeel banget sama SBS wkk, makanya aku sepanjang tahun ini enggak bisa atau sulit menamatkan drama-dramanya SBS, mianhe.

2. Cheese in the Trap


Awalnya ngebet pengen liat dramanya pas castingnya ditawarin ke Suzy bae, tapi doi nolak. Terus aku gak ngikuti perkembangannya sampai ni drama tayang beberapa episode. Aku liat komentar di twitter katanya bagus, akhirnya aku nonton juga *LoL, nah dari drama ini aku berkenalan dengan mbak Kim Go Eun yang ternyata dia juga baru pertama kali main drama, biasanya film.

Dramanya sendiri keren, aku suka sampai sekarang kadang aku tonton ulang. Seger, dan akting mereka juga aku suka, ditambah OStnya yang lumayan, tapi endingnya so Bad bikin tvN diamuk lini massa twitter *LoL. Dan dari drama inilah pertama kalinya aku tahu dan merasana SLS (second lead syndrom) wkk sampai sekarang masih suka baper liat Baek In Ho hahaa.

3. Moorim School


Ini drama annoying tapi kutonton sampai tamat karena merasa berdosa *wkkabur. Karena pas episode awal ini drama menurutku keren mungkin episode 1-3, aku heran kenapa ratingnya rendah terus aku sebarin nih drama dan menghasut orang-orang buat nonton dan mereka (yang kuhasut) bilang ini drama keren juga hahaha.

Tapi episode selanjutnya ditambah permasalahan yang terjadi dengan KBS dan tim produksi, sehingga mereka mengcut episodenya alasanya biaya tinggi hasil ratting rendah. Dan setelah masalah itu membuat kualitas dramanya rasanya jadi kekanak-kanakan menurutku dan aku berhenti ditengah jalan, tapi karena mereka (yang kuhasut) ternyata masih suka dan menodong aku episode selanjutnya, akhirnya aku tonton juga sampai tamat hahaha.


4. Neighborhood Hero


Awal tahu om Park Si Hoo dicasting nih drama aku antusias nonton, walau apapun yang terjadi pada om satu ini dengan segala scandalnya, tapi aku masih suka liat actingnya. Nah setelah drama ini tayang aku coba tonton 1-2 episode, ternyata bukan seleraku, akhirnya aku tak jadi meneruskan ini drama, mianhe om, drama selanjutnya saja ya aku tunggu, fighting!

5. Descendants of The Sun


Ini drama yang membuatku diakhir tahun 2015 berdoa agar tahun cepat berganti, pas tahu awal-awal tahun 2015, Song Jong ki mau comeback habis wamil, plus Unni Song Hye Kyo aku antusias banget sama ini drama sampai tahu ternyata ini drama pra-produce karena ini drama aku galau pas tahun 2015, galau kapan ini drama tayang dimana ini drama tayang, cemas karena mereka belum nemuin stasiun yang bersedia menayangkan.

Lega di akhir tahun 2015, KBS mau menerima dan menayangkan ini drama, tapi... tapi ternyata mereka mengulur-ulur waktu tayangnya (udah rasanya jengkel pengen teriak tapi gak ada yang tahu haha) dan akhirnya penantian panjang itu berakhir di bulan februari 2016.

Dramanya semua orang tahu lah, gak nyangka drama yang diragukan bahkan ditolak pemeran utamanya terus ditolak stasiun TV yang diundur-undur waktu penayangannya, bisa Booming dan sesukses itu, bahkan sampai saat ini walau banyak drama bagus dan keren tapi popularitas DOTS belum tergantikan ya.

Dan anehnya, aku yang udah lumutan dan gak sabaran nungguin ini drama, eh malah berhenti ditengah jalan, aku berhenti nonton di episode 12 saja kekeke. Aku heran aku enggak pernah normal seperti orang-orang umumnya wkk, dan aku gak ngerasa ikut merasakan demam Song Jong Ki wkkabur, dan pada akhirnya aku bisa namatin ini drama juga tapi beberapa bulan setelah ini drama tamat karena aku harus bikin rekapannya :D.

6. Please Come Back, Mister


Aku kabur kanginan (*halah bahasaku :P) nonton ini drama, awalnya aku download tapi aku anggurin di lappy dan gak aku sentuh, sampai adikku menemukan ini drama dan dia bilang lucu banget mbak katanya, terus akhirnya aku ikutan nonton dan akhirnya aku terpesona dengan dede rasa oppa Lee Tae Hwan yang ternyata adikku juga suka, dan dari drama itu aku rebutan sama adikku LoL padahal yang diributin kagak tahu.

Ceritanya keren, lucu dan banyak petuahnya menurutku, apalagi minim loveline yang main om Rain dan ada Lee Min Jung unni juga. Tapi sayang drama ini kalah telak sama DOTS wkk, tapi salut sama SBS yang mempertahankannya dan gak main cut eaaa.

7. Marriage Contract


Mungkin ini drama jadi penyebab aku rada males nonton DOTS waktu itu, karena aku lebih suka sama alur ceritanya ini drama. Judulnya dan ceritanya sederhana selera mak-mak banget sih, dan mudah ditebak tapi aku suka :D.

Ceritanya ini emang sedih, ada loveline khas nikah kontrak alias benci jadi cinta. Tapi selain itu, ada interaksi antara ibu dan anak yang sukses bikin sedih dan menyentuh hati, aku suka dede yang jadi Eun Sang actingnya keren, dan ini drama paling masuk akal menurutku ditahun 2016, dari segi cerita sama endingnya paling nyambung.

8. Mrs Cop 2 (Season 2)


Alasan nonton karena pengen liat Kim Bum jadi jahat, tapi alasan yang hanya ingin liat acting seseorang gak bisa menjadi kuat untuk bisa menamatkan sebuah drama, akhirnya aku hanya bisa nonton sampai episode 4 saja seterusnya aku menyerah hahaha.

9. Nightmare Teacher


Webdrama pertama yang aku tonton ditahun 2016, tapi dari tahu sebelumnya pun aku belum berhasil menamatkan satu full drama webdrama sekalipun bahkan sampai sekarang, walaupun aku suka Kim So Hyun tapi tetap tidak bisa membuatku betah nonton ini webdrama, aku cuma bisa liat sampai episode 4 saja.

10. Goodbye Mr. Black


Ini drama pra-produce juga, nasibnya sama dengan DoTS soal statisun yang mau menerimanya, dan akhirnya ada yang mau menayangkan ini drama juga. Awalnya sih antusias, tapi aku hanya bisa menonton 1 episode doang, dan gak punya alasan buat nerusin ini drama, mianhe Moon Chae Won unni.

11. Page Turner


Ini mini drama, sama pra-produce juga bikin galau karena KBS suka mundur-mundur jadwal tayangnya. Dan akhirnya ini drama tayang dengan 3 episode yang keren, aku suka sekali lebih jadi tahu tentang pertunjukan piano, dan suka interaksi Kim Soo Hyun, Jisoo dan Shin Jae Ha.

12.  Jackpot


Ini drama Saeguk pertama ditahun 2016 yang aku tonton, aku emang lebih suka drama saeguk ketimbang modern. Dan alasan lain karena aku pengen liat Jang Geun Seok oppa sudah lama tidak liat dia, apalagi ditambah Yeo Jin Goo dede yang udah dewasa sekarang cieee.

Aku suka awalnya sampai bisa hampir menyelesaikan drama tapi di episode 18 aku mulai lelah saat semuanya meninggal *LoL, selain selir terus Rajanya, masak itu Damso juga ikutan mati, akhirnya aku berhenti nonton sebenarnya sayang banget udah dapet 18 episode, tapi udah gak ada selera mau lanjut, mianhe.

13.  Entertainers


Ini drama nanggung banget lovelinenya, dan herannya aku bisa nonton sampai tamat, harapannya pengen tahu akhir cinta antara om Jisung, Minhyuk sama Hyeri tapi sampai tamat gak ada kejelasannya LoL.

Alias ini drama murni tentang dunia Entertainers doang, bagaimana sisi gelap dunia hiburan, bagaimana cara awal terbentuknya sebuah agency terus entertain dari awala debut, suka dukanya sampai terkenal, itu saja ternyata inti dramanya.

14. Oh Hae Young Again


Sejak CITT, rada males ngikuti tvN, sampai ditimeline twitter bertebaran racun ini drama, awalnya penasaran kenapa pada ngomongin ini drama, apalagi pemainnya kek asing semua bagiku hahaha. (*bener kata Om Goblin penasaran mengalahkan harga dirimu LoL), akhirnya karena penasaran aku download juga dan berbaikan dengan tvN eaaa, aku nonton waktu dramanya udah tayang sampai episode ke 10, akhirnya aku nonton random episode 1-10 sekaligus.

Eaaa sedih ternyata ini drama emang bagus, kenapa aku gak nonton sejak awal hahaha, gak hanya aku yang suka adikku juga. Tapi pas episode 10 keatas aku sembunyiin dari adikku LoL, gak kuat adegannya eaaa, tanganku juga gak sanggup buat refleks skip, apalagi kalau adikku tanya macem-macem hahaha mending gak aku kasih dia liat episode selanjutnya :D.

15.  Lucky Romance


Selera orang beda ya, ini juga aku nonton karena banyak yang bilang ditwitter bagus, tapi pas aku tonton episode 1-2 kok aku gak minat yah, dan akhirnya aku berhenti di episode ke-2 saja, mianhe tapi aku lagi gak suka genre romcom akhir-akhir ini, keinget She Was Prety yang sampai sekarangpun belum selesai aku tonton :D.

16. Mirror of The Witch


Emang seleraku aneh, aku malah terjangkit demam Mirror of The Witch, berawal karena Penasaran, lagi lagi penasaran dan penasaranku itu bermula pas tahu Yoon Shi Yoon oppa dipasangkan sama Kim Sae Ron.

Lucu, karena penasaran itu aku sampai gak bisa tidur saking penasarannya, tiap hari aku kepoin perkembangkan itu drama, dari siapa saja pemeran pendukungnya, dan sudah mulai syuting apa belum dan hampir stress aku memikirkannya wkk.

Akhirnya rasa penasaran bisa membunuhmu, aku sampai-sampai bisa membuat beberapa artikel/ update berita tentang tuh drama, dan luar biasanya aku berhasil bikin sinopsinya (aku sendiri tidak percaya hahaha), dan bodohnya aku gak liat itu pas bulan puasa yang jelas waktunya terbatas buat nulis sinopsis sampai aku bela-belain gak tidur bikin tuh sinopsis, bayangin pas bulan puasa, siang kerja, terus sore nyiapin buka puasa (belum aku tolakin semua ajakan bukber akhir pekan wkk jahat) terus ke masjid pulang jam setengah 9 terus aku mulai bikin sinopsis sampai malem, terus tidur sebentar bangun lagi buat sahur *LoL banget, walau capek kek dikejar-kejar pak polisi razia eaaa, tapi hatiku merasa bahagia sekali, sampai sekarang tuh drama masih spesial dihatiku eaaa.

17. Doctors


Mencoba berbaikan dengan SBS, walau sudah rasa sebel sama Entertainers tapi aku gak kapok, akhirnya aku nonton ini drama, emang awalnya episode 1-4 aku suka banget tapi episode selanjutnnya iyuh, akhirnya aku hanya bisa nonton sampai episode 8 saja, mian Shin Hye unni.

18.  Beautiful Mind


Sama-sama temanya tentang Doctors, tapi aku malah lebih tertarik dengan Beautiful Mind ketimbang Doctors, mungkin karena ini aku jadi males nonton Dcotors. Tapi sayangnya KBS berulah lagi, alasannya sama ratting rendah mereka mengcutnya jadi 14 episode saja *mewek. Ini drama bagus menurutku lohya emang seleraku aneh wkk.

Bahkan aku bisa namatin sampai 14 episode dan aku suka sekali sama OStnya yang Dirt by Bernadr Park, selain mencut episodenya, mereka juga pelit sama OStnya huhuhu.

19. Uncontrollably Fond


Ini alasanku kedua setelah DOTS agar 2016 cepat datang waktu itu, tapi sayang ekspektasi berbanding terbalik dengan realita. Kalau DoTS harus bersusah-sudah dulu baru berbuah manis. Ini drama manis dulu banyak disanjung diawal tapi malah berakhir tragis eh gak tragis-tragis amat, rattingnya standar belum menyentuh 7 kebawah sih masih aman.

Aku berhasil namatin dengan hati yang gundah hahaha, emang ini drama diluar bayangan aku pikir dramanya kek gimana, tapi sesuai genrenya melodrama, apa yang bisa diharapkan dari sebuah melodrama, dan ini drama sukses membunuh orang sampai akhir eaaa.

20. W-Two World


Karena kedahsyatan UFo sebelum tayang, mereka (stasiun selain KBS) berusaha alias berlomba-lomba bagaimana caranya bersaing dengan UFo yang mereka pikir awalnya akan mengulang kesuksesan DoTS, akhirnya mereka membuat drama saingan sungguhan yang bener-bener bisa bersaing LoL.

Dan benar ini drama W ternyata lebih berkualitas dibanding UFo dan berhasil mengkalahkan UFo pada akhirnya, tapi ini drama belum berhasil menggeser ketenaran DoTS dalam urusan ratting masih rata-rata atas. Ceritanya sendiri bikin puyeng, aku sih paham tapi kalau disuruh menjelaskan no way terimakasih hahaa, aku bisa nonton sampai Tamat dan mending itu tamatnya sad ending saja ketimbang jatuhnya aneh dibawa Happy Ending.

21. Incarnation Jealousy


Ini juga disiapkan (mungkin) buat menyaingi ketenaran UFo hahaha, yang ternyata diluar dugaan kita semua. Tapi aku kok gak suka yah, dan aku cuma nonton 1 episode itupun gak sampai selesai, entahlah kenapa aku gak suka hahaha sampai sekarangpun walau sering baca komen di twitter tapi gak ada minat buat nonton nih drama, mianhe Jongsuk oppa.

22. Let's Fight Ghost


Akhirnya aku bener-bener berbaikan dengan tvN setelah memberi Happy Ending buat Oh Hae Young wkk, mereka takut diboikot kali kalau sampai ngasih Sad Ending atau Open Ending. Akhirnya aku penasaran sama ini drama, karena apa yups? castnya, ini drama pemeran utamanya Kim So Hyun sama Ok Taeckyeon *Heol 11 tahun permisah, tapi masalahnya wajahnya Taek itu manly banget gak seimbang sama Sohyun wkk.

Tapi pas nonton dramanya, yah bisa ngimbangin karena tampilan Taek dibuat semuda mungkin haghaghag. Ceritanya juga lucu sih, jadi asyik-asyik saja buat ngikuti dan aku berhasil nonton sampai tamat juga.

23. Moonlight Drawn by Clouds


Ternyata triple Kim kompak main drama tahun ini, selain jadi pemeran wanita utama mereka juga main bareng oppa-oppa caem, walau aku pikir Yoo Jung ini lebih mendingan cuma beda 6 tahun ketimbang Saeron 14 tahun terus Sohyun 11 tahun.

Ceritanya sih sederhana nan mengasyikan, lebih tertarik sama BGMnya sih hahaha, dan tidak menyangkan ternyata nih drama bisa mengembalikan mukanya KBS wkkabur, aku pikir drama ini kalah telak sama Moon yang sebelah tapi kenyataannya tragis. Aku berhasil menyelesaikan ini drama, yah gak ada yang bikin terlalu menguras emosi ini ceritanya juga berakhir Happy Ending, jadi mungkin lebih disukai orang sono ketimbang Moon satunya.

24.  Cinderella and Four Knights


Ini drama pra-produce juga, sama dengan nasib drama pra-produce sebelum-belumnya, mereka kesulitan mendapatkan tv yang mau menayangkan dan pada akhirnya tvN bersedia menanyangkannya. Dan hasilnya gak mengecewakan, dramanya ringan, lucu dan sungguh-sungguh drama khayalan banget.

25. Moon Lovers : Scarlet Heart Ryo


Ini nasibnya sama dengan UFo, entah kutukan atau apa, drama pra-produce yang digembor-gemborkan sukses dan sudah pasti dapat stasiun TV kok hasilnya tragis dibanding drama pra-produce yang harus bersusah-sudah dulu.

Ini drama adaptasi semuanya tahulah ceritanya bagaimana, walau rattingnya tragis dinegaranya sono, tapi diluar sono ini drama dapat respon positif. Aku juga berhasil menyelesaikan ni drama dan berhasil gak nangis *Hore, kalau UFo sukses membunuh satu orang, ini drama sukses membunuh banyak orang.

26. Blow Breeze


Ini drama keluarga yang awal promonya aku antusias pengen ngikuti, tapi kenyataanya aku berhenti di episode pertama, mianhe.

27. Shopping King Louie


MBC sepertinya tahun ini untuk drama Rabu-Kamisnya setia dengan genre romcom kecuali W yang bikin rada stress. Aku sebenarnya males type drama ini, tapi adikku suka, jadi aku terpaksa download, sebenarnya drama type ini obat penawar gak perlu mikir gak perlu sakit hati pake nangis-nangis, tapi yah karena itu kesannya kurang greget, dan aku cuma sanggup nonton sampai episode 12 sayang sebenarnya tinggal dikit tamat tapi belum ada niat buat melanjutkan nonton.

28. On The Way to The Airport


Dan ternyata tahun ini aku kejebak sama drama Rabu-Kamisnya KBS yang memilih jalur melodram, genre yang aku benci tapi aku sukak *Loh gimana? hahaha. Awalnya sudah berusaha tidak masuk kedalam melodrama, tapi liat racun berseliweran ditwitter apalagi mereka bilang BGMnya bagus langsung runtuh.

Akhirnya aku nonton sampai tamat, dan daebak ini drama dengan cinemathography terkeren sepanjang 2016 sampai itu drama ditayangkan loh, kalau sekarang ada saingannya dramanya Goblin cinemanya juga keren.

29. K2


Heol, kenapa aku gak bisa suka drama yang disukai banyak orang huft, aku sudah download ini drama sampai selesai tapi aku baru nonton sampai episode 10 itupun aku loncat-loncat nontonya, episode 1,2,3 terus aku loncat ep  8,9,10 terus memutuskan berhenti hahah mian.

30. Father I Will Take Care of You


Eh malah aku kejebak sama drama keluarga yang ini dan berhasil aku ikuti sampai sekarang, dramanya masih tayang kemungkinan tamat tahun depan, jadi ini drama akan aku masukin daftar tahun depan juga :D.

31. Romantic Doctor, Teacher Kim



Bingung mau aku masukin daftar yang mana, aku cuma nonton 2 episode awal terus berhenti, padahal drama masih OnGoing, sudah gak kuat berfikir keras dan liat dunia perdokteran lagi, sudah cukup muak  Hahaa, dengan dunia perdokteran sudah teramat banyak tahun ini liat Darah, meja operasi, lampu sorot, dan pakaian putih dokter atau pakaian operasi doktor, huft.


32. The Legend of The Blue Sea


Enggan-engganan nonton dramanya, kek nonton dongeng huft, maaf ya suka ini drama seleraku emang aneh. Untung ketolong ada Saeguk dan OStnya yang keren jadi ada alasan buat nonton episode selanjutnya. Ini drama tamat tahun depan, jadi aku masukin lagi ditahun depan :D

33. Weightlifting Fairy, Kim Bok Joo


Sama dengan TLoBS ini drama juga tamat tahun depan, aku malah lebih suka ini drama ceritanya ringan dan masuk jalur romcom sih, entah aku sanggup menyelesaikannya tidak kali ini :v.

34. Oh My Geumbi


KBS kamvret, sukses baper akut sepanjang tahun Rabu-Kamis yang kelabu LoL, salahku sendiri yang mau nonton juga, entah kali ini apa aku sanggup buat nonton sampai Tamat juga, padahal baru 6 episode saja sudah banjir airmata T.T

35. Goblin


Pamungkas tahun ini, drama yang luar biasa menurutku yang kali ini aku waras hahaha, bisa suka drama yang umumnya disukai banyak orang. Iyalah kalau sampai gak suka kebangetan akunya, Om Gong Yoo long time no see, pasti nonton sampai tamat semoga hahaha (aku kan labil kadang).

36. Night Light


Huft ini awalnya aku antusias banget, gegara subtitlenya yang lama banget munculnya jadi aku males, akhirnya aku memutuskan untuk menumpuk downloadan dulu, nanti kalau ada waktu luang aku tonton, semoga bisa :D

37. The Sound of Your Heart


Ini drama sebenarnya Webdrama gitu ya? terus dibeli KBS digabungin gitu apa gimana? entahlah semoga aku berjodoh dengan webdrama kali ini, belum nonton sih :D

38. 7 First Kisses



Ini Webdrama juga udah tayang 3 episode, tapi aku baru nonton episode 1, emang aku gak berjodoh kali dengan webdrama, baru liat episode 1 kok udah rasanya males ngikuti, akhinya aku stuck di episode 1, dan milih nunggu nanti pas episodenya Lee Jong Suk saja kakaka.


39. Solomon Perjury


Ini mungkin drama terakhir ditahun 2016 yang akan aku tonton, sayangnya mereka memundurkan jadwal penayangan huft, sabar. Tapi aku pasti nonton kok, nyicip 1-2 episode dulu, hasil akhirnya tahun depan hahaha.

40. Hwarang : The Beginning


Yeah hampir kelupaan, nih drama juga Pra-Produce miliknya KBS, drama Saeguk terakhir ditahun 2016 ini yang masuk daftar playku selanjutnya, pas aku nulis artikel ini emang ini drama belum tayang, soalnya pihak KBS juga mundur-mundurin jadwal tayangnya, belum bisa komen ceritanya gimana? mungkin tahun depan baru bisa review nih drama.

Heol, aku hampir menonton 40 drama tahun 2016 ini belum beberapa drama diluar tahun 2016 yang akhirnya berhasil aku tonton sampai Tamat :D, drama diluar tahun 2016 yang akhirnya aku tonton :

1. Suspicious Housekeeper (2013)


Ini drama tahun 2013, dan ditahun 2016 ini baru bisa aku tonton sampai tamat, ada masanya kita jenuh terhadap sesuatu yang ada. Makanya pas aku jenuh banget, aku ngubek-ngubek drama yang sudah tamat, dan akhirnya aku memilih drama ini yang ternyata bagus banget. Ceritanya bisa dilihat ditulisan sebelah sini, aku bikin rekapannya

2. I Hear Your Voice (2013)


Ini drama dari dulu masuk daftar yang harus aku tonton tapi sampai saat ini belum bisa sampai tamat, dulu pernah liat episode 1-2 terus berhenti, kemarin aku coba lanjutin dan baru bisa sampai episode 10, huft mungkin tahun depan ini drama baru bisa aku tonton sampai Tamat, hahaha.

3. Reply 1988 (2015-2016)


Aku kelupaan sama ini drama :P, aku download ini drama pas bulan april sebelum puasa, karena ada teman minta. Pas awal-awal ini drama tayang pada heboh dan seperti biasanya aku gak tertarik sama drama yang dihebohin banyak orang :D.

Dan setelesah selesai download dan aku kasih ke temen rasanya gimana gitu, masak download doang gak nonton, padahal sizenya besar dan butuh waktu juga, akhirnya aku nonton dan kaget kok ini drama rame banget wkk dan akhirnya aku nyerah di episode 5 kalau gak salah, pengen lanjut ntar kalau ada waktu.

Rekap :
Head Hitam : Aku tonton sampai tamat, jumlahnya : 19 Drama
Head Hijau : Aku tonton tapi tidak sampai Tamat, jumlahnya : 12 Drama
Head Biru : Masih OnGoing, Jumlahnya : 11 Drama

Credit :
Pict take from Koreandrama.org and AsianWiki

You Might Also Like

0 comments

AdSense

Popular Posts