Monday, November 7, 2016

[Drama yang Tamat] Scarlet Heart Ryo Moon Lovers

Enggak kerasa ya, ini drama Pra-Produce udahan, yang nungguin kurleb setahun enggak nyampe sih. Diawal-awal aku sudah dapat banyak bocoran (spoiler) padahal aku enggak tanya, tapi mereka (yang sudah nonton Ver China) pada cerita seenaknya sendiri, akhirnya rada-rada gimana aku mengikuti nih drama.

Dan 3 episode drama ini juga sudah banyak banget masalah, aku pikir ini drama awalnya akan sukses tapi kenyataannya berbanding terbalik (maksudku suskes didalam negeri mereka loh ya), alasan klasik nan simple masalah akting (yah karena kita [luar korea] enggak begitu paham bahasa mereka ya enggak begitu ngerti kalau bintang mereka salah-salah ucapan), atau mungkin mereka (K-Netizen) sedang mempersalahkan tentang ketidakadilan (dimana-mana sama sih dunia ini memang tidak adil) kalau Idol mudah sekali mendapat Role-Lead sementara yang aktris/aktor sungguhan sulit banget, padahal menurut mereka kemampuan aktris/aktor memang lebih bagus (ya iyalah kan mereka fokus berlatih akting dari dini) daripada seorang Idol.


So far, aku tetep ngikuti seperti UFo (Uncontrolably Fond) awal-awal juga dapat cercaan (senasib nih dua sahabat Suzy-IU) akting mereka dikritik habis-habisan, tapi menurutku pribadi setelah episode awal-awal akting mereka bagus kok (kecuali salah pengucapan kata soalnya aku gak ngerti bahasa korea yang baik dan benar *LoL), aku nilai dari ekpresi dan mimik mereka dapet kok.

Lalu UFo mulai dikritik dari sisi ceritanya (yang membunuh sipemeran utama pria, kalau Scarlet ini membunuh hampir semuanya :D), tapi Scarlet diakhir-akhir ini aku enggak mendengar kritikan lagi, cuma mungkin sudah terlalu sulit untuk menaikan rating, dan saat Moonlight tamat duluan, tak begitu signifikan terhadap ratingnya, mari kita lupakan rating dan segala masalah dan fokus kejalan ceritanya :

Ceritanya diakhir rada beda ya sama Ver China (aku gak nonton yg Ver China) kalau di China anak Hae Soo keguguran ya tapi disini sampai lahir (sampai gedhe lagi). Ini akhirnya emang Sad Ending menurutku walau ditambah-tambah pas endingnya enggak ngaruh sama sekali.

Kekuasaan dari kapanpun dan dari jaman apapun dan dimanapun membutuhkan pengorbanan, kalau jaman kerajaan mereka tak segan-segan mengorbankan keluarga mereka dan orang yang mereka kasihi untuk tetap bisa mempertahankan kekuasaan.

Sebenarnya kasihan sama Wang So,sedari kecil dia udah dikucilkan sama ibu dan saudara-saudaranya, pas udah gedhe pengen balik ke istana aja susah amat, untuk diterima sama saudara-saudaranya aja susah. Eh pas udah balik ke istana, melakukan pengorbanan banyak dan selalu bersikap berani dan akhirnya menjadi Raja, tapi pada akhirnya dia tetap berdiri sendirian, semua saudaranya akhirnya meninggalkan dia bahkan orang yang ia kasihi sekalipun.


Wang Wook (Pangeran ke-8) awal-awalnya aku suka sama karakternya yang lemah lembut, pengertian, hati-hati dalam bertindak, dan senyumnya bikin terkena SLS hahaha. Tapi lama-kelamaan aku sadar sikapnya yang baik tanpa keberanian hanya membuatnya terus berjanji tanpa realisi dan akhirnya membuatnya salah jalan dan kehilangan tujuan.

Sementara Wang Moo, Wang Yoo yang menjadi Raja sebelum Wang So, mereka menjadi Raja satu karena takdirnya dan satu karena ambisi, dan keduanya berakhir tragis walau berhasil menjadi Raja, tapi hidupnya tidak tenang dibayang-bayangi rasa ketakutan yang akhirnya membunuh mereka.

Wang Eun, ugh nasibnya tak kalah kasihan, Pangeran yang selalu ceria dan ceplas-ceplos dan enggak menginginkan tahta menjadi korban perebutan kekuasan saudara-saudaranya, setidaknya walau ia tidak mendapatkan cintanya (Hae Soo) sampai detik akhir hidupnya, ia mendapatkan cinta sejati (cieee) dan mati bersama TT.


Baek Ah, sama dengan Eun yang gak punya keinginan merebutkan tahta dan tak ahli dalam peperangan ikut menjadi korban juga, dia enggak ikut-ikutan merebutkan Hae Soo dan memilih wanitanya sendiri tapi nasibnya sama dengan saudara-saudaranya tak berakhir bahagia dengan wanita yang ia cintai.

Wang Jung, hidup penuh kasih sayang dari ibunya, dan bertindak semaunya ini, punya nasib enggak jaug beda, walau tak ikut dalam perebutan kekuasaan dan tak menjadi daftar korban, dan pada akhirnya juga bisa menikah dengan wanita yang ia cintai tapi tetap ia tak bisa memiliki hatinya, dan setidaknya menurutku lebih beruntung si Jung ini, kalau Ver Korea, ia masih ditinggali putrinya Hae Soo, setidaknya ia masih punya sesuatu untuk membuatnya semangat menjalani hidup.


Dan karakter lainnya yang meninggal juga demi menyelamatkan orang yang mereka kasihi, begitu sulitnya ternyata hidup di Istana. Yang menurut pandangan orang awam, Istana tempat megah, nyaman, enak dan segala-galanya, tapi benarkah orang yang hidup disana bahagia?

Ya, dari scarlet heart (enggak drama ini saja, drama saeguk tentang kerajaan) hampir semuanya intinya sama intrik politik yang menakutkan, tapi tak mungkin juga untuk bisa bahagia, buktinya masih banyak cinta yang membuat banyak orang yang enggan meninggalkan istana. 

Jadi menurutku pada intinya, dimanapun kita berada, dimanapun kita dilahirkan, dalam bentuk, keluarga dan darah apapun kita lahir yang kita syukuri. Kita jalani hidup dengan sepenuh hati, yang terlihat bagus belum tentu nyaman, yang terlihat baik belum tentu benar, yang kelihatan salah belum tentu jahat, yang kelihatan indah belum tentu indah juga didalamnya.

Tuhan menciptakan kita berbeda-beda untuk belajar saling menghargai, menghormati dan saling menyayangi. Dan terakhir aku ambil kata-kata dari Scarlet Heart Ryo Moon Lovers yang paling aku suka "Sekalipun kita tahu dimasa depan apa yang akan terjadi, sebaiknya kita menjalani hidup saat ini untuk tidak terlalu terpaku tentang apa yang akan terjadi di masa depan" Raja Taejo Wang Geon.


PS: Sebenarnya pengen nulis ini dari beberapa hari lalu, tapi mengingat kondisi sosmed yang enggak memungkinkan, jadi aku simpen dulu didalam draft, dan menunda mencari gambar di sosmed sampai keadaan membaik.
Yang mungkin kita semua tahu apa yang terjadi minggu kemarin bahkan masih terasa saat ini, aku buka sosmed juga belum berani scorling paling aku buka update drama korea *LoL, kalau twitter aku mencoba menghindari tagar2 hahaha, dan lebih fokus cari taggar langsung drama yang pengen aku kepoin.
Menurutku mamiku sih begitu lebih baik, karena kami masih ada darah keturunan jadi takutnya kebaca status2 yang belum terbukti kebenarannya, takutnya malah sakit hati, aku juga sudah tahu satu kata saja bisa jadi 1000 artian berbeda tergantung si pembaca.
Tapi menurutku sih, yang kebanyakan nonton drama korea yang penuh kata-kata tersirat bahkan quota2 yang mendidik, jadi enggak begitu terpengaruh dengan kata-kata provokasi begitu hahaha, gue lebih ngebaperin drama-drama hari Rabu-Kamis yang mau Tamat, daripada ngebaperin hal-hal gakjelas seperti itu, tetap semangat chingu ya (keinget lagunya IU itu judulnya apa ya?) *LoL.

Sekian, terima kasih See yaa
Cr: Pict take from Twitter #MoonLovers

No comments:

Post a Comment