Wednesday, January 21, 2015

Hell's Kitchen Indonesia

Udah lama enggak ngomongin acara TV Indonesia, embt oke kali ini mau membahas tentang program barunya SCTV yaitu "Hell's Kitchen Indonesia" tentang dunia masak-memasak atau lebih tepatnya dunia dapur sesungguhnya.


PH : FremantleMEDIA
TV : SCTV
Tayang : Setiap Sabtu, Pukul 17.00 WIB

Hell's Kitchen ini adaptasi acara dari Hell's Kitchen diluar negeri, acara ini garapan "FremantleMedia" masih saudaraan dengan Master Chef Junior Indonesia di TV tetangga :P, kalau mau lihat yang santai dan lucu lebih milih ke MCI Junior ya, aku suka anak-anak masak dan pake berantem dan nangis jadi terkesan menghibur, tapi kalau pengen lihat bener-bener acara coba lihat Hell's Kitchen Indonesia.

Aku sebenarnya belum paham benar, belum lihat acara aslinya yang disono gimana, tapi dari 3 Episode aku lihat, sepertinya aku bisa memahami maksud acaranya, walau kesel juga lihat makanan dilempar begitu saja, apalagi adat jawa (mungkin semua adat di seluruh Indonesia) mengajarkan untuk tidak membuang-buang makanan.

Sepertinya ini acara adu mental siapa yang mampu bertahan dan berkompetisi di dalam dapur Restaurant yang sesungguhnya, jadi tak cukup kemampuan dan keahlian semata (weee bener ga yaa?) yah setidaknya itu yang aku tangkap dari beberapa episode hahaha.


Dengan juri tunggal Chef Juna sebagai Head Chef, dan dibantu beberapa orang seperti, Sous Chef Rano & Sous Chef Winny, Maitre'D Khusyi, pelayan dan lain-lain. Sedangkan peserta dibagi menjadi dua kelompok, TIM BIRU cowok, TIM MERAH cewek, dan disetiap kitchen dibagi beberapa bagian / station seperti, pasta, Grill, Vegetable, Fry, Sautee, Salad, Garnish, Wok.

Keterangan :
"Station 1, adalah Station Pasta - merupakan station khusus untuk membuat pasta yang kelihatannya mudah namun sebenarnya tidak.
Station 2, adalah Station Grill - merupakan station untuk melakukan semua hal yang berhubungan dengan memanggang dan merupakan station yang tersulit di dapur.
Station 3, adalah Station Vegetable - merupakan station yang bertanggung jawab penuh terhadap sayur mayur dan bahan-bahan segar lainnya.
Station 4, adalah Station Fryer - semua hal yang berhubungan dengan menggoreng ada di station ini dan manajemen waktu yang baik adalah hal utama yang dibutuhkan di station ini.
Station 5, adalah Station Sautee - merupakan station yang khusus untuk melakukan tumis menumis dan merupakan salah satu station yang cukup sulit.
Station 6, adalah Station Salad - kecepatan adalah hal yang diperlukan station ini agar salad yang dihasilkan masih dingin saat disajikan pada costumer.
Station 7, adalah Station Dessert - merupakan station yang khusus mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan makanan penutup.
Station 8, adalah Station Garnish - merupakan station khusus untuk memperindah makanan yang ada dalam menu dan akan disajikan kepada costumer.
Station 9, adalah Station Wok - merupakan station khusus untuk membuat masakan dengan api besar dan oven bertemperatur tinggi. " 


Dari Program ini, kita yang orang awam setidaknya bisa memahami dan mengerti istilah atau pekerjaan yang berhubungan dengan sebuah restaurant berkelas :

Selain Head Chef, di restoran Hell's Kitchen Indonesia ada 11 tipe pekerjaan yg masing-masing mempunyai tanggung jawab yg berbeda. Penasaran seperti apa pekerjaan yg mereka lakukan sehari-hari disana? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini:

1. Sous Chef
walan para staff dapur, mengawasi kelancaran dan ketetapan pelayanan saat pemesanan makanan, mengawasi kebersihan peralatan, dan menangani masalah yang memerlukan penanganan langsung lalu melaporkannya kepada Head Chef jika itu memerlukan penanganan khusus.

2. Maitre ‘D 
Maitre ‘D ialah seorang kepala pramusaji di restoran yang bertanggung jawab mengawasi segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan untuk para tamu. Tidak hanya itu, seorang Maitre ‘D juga ikut menyambut para tamu yang datang serta menentukan mejanya, menerima pesanan, dan menjamin kepuasan para tamunya.  

3. Saute Chef
Umumnya dikenal sebagai chef yang bertanggung jawab dalam pembuatan saus. Posisi Saute Chef merupakan posisi tertinggi di dapur yang biasanya melapor langsung pada Head Chef atau Sous Chef. Selain bertanggung jawab dalam pembuatan berbagai macam saus, Saute Chef juga bertanggung jawab untuk semua bahan-bahan yang ditumis.

4. Fish Chef
Bertanggung jawab untuk persiapan semua hidangan ikan di dapur, termasuk memotong dan membersihkan ikan serta menyiapkan sausnya. Fish Chef juga bertanggung jawab  dalam mendapatkan ikan segar setiap hari dari nelayan setempat atau pedagang, serta membawa tangkapan non-lokal yang diperlukan untuk melengkapi menu.

5. Roast Chef
Merupakan chef yang bertanggung jawab dalam menyiapkan daging panggang atau rebus, dan juga menyiapkan saus yang sesuai dengan daging tersebut, termasuk didalamnya pembuatan steak daging sapi, domba dan sejenisnya. Roast Chef juga bertanggung jawab untuk memperoleh daging dari pemasok lokal atau mengatur pengiriman dari pengecer. Gaya memasak yang biasanya digunakan adalah fokus memasak daging dengan perlahan untuk menahan rasanya. Beberapa daging ada yang di rebus namun dibakar luarnya untuk mengunci kelembaban lalu kemudian dimasak dalam oven atau kompor untuk mengeluarkan rasanya dan mendapatkan potongan yang lembut.

6. Grill Chef
Bertanggung jawab menyiapkan semua makanan yang dipanggang mulai dari daging, unggas hingga sayuran. Seorang Grill Chef kadang-kadang bertanggung jawab untuk mempersiapkan hidangan sebelum dimasak, yang mungkin melibatkan pemotongan daging, ikan atau unggas; serta penyusunan, pengukuran, dan pencampuran bahan-bahan lain untuk setiap hidangan tertentu.

7. Fry Chef
Merupakah chef yang ahli dalam melakukan semua hal yang berhubungan dengan makanan yang harus digoreng dalam minyak atau lemak hewan. Sama seperti Grill Chef, Fry Chef dapat menangani makanan apapun mulai dari daging, unggas, hingga sayuran.

8. Vegetables Chef
Berbeda dengan bagian yang lain yang dikelola hanya dengan satu chef, biasanya vegetables chef ada dua orang dimana tugas masing-masingnya berbeda.
Seorang yang disebut Potager Chef, yang bertanggung jawab dalam menyajikan hidangan berupa sup yang ada di menu, dan seorang lagi disebutLegumier Chef  yang bertanggung jawab menyajikan hidangan yang berhubungan dengan sayuran yang ada di menu.

9. Roundsman
Seorang Roundsman, atau yg biasa juga disebut Swing Cook, bertugas untuk mengisi kekurangan sesuai kebutuhan di berbagai station di dapur. Oleh karenanya, soerang Roundsman harus memiliki pengetahuan dan menguasai setiap bagian yang ada di dapur karena mungkin Roundsman akan diminta menggantikan pekerjaan salah seorang chef yang tidak hadir.

10. Pantry Chef
Bertanggung jawab dalam menyiapkan makanan dingin seperti salad, makanan pembuka (appetizer), dan bahan-bahan charcuterie (produk daging olahan seperti bacon, ham, sosis, terrines, galantines, ballotines, pate, dan confit).

11. Pastry/Dessert
Merupakan salah satu station yang paling dicintai para chef. Mereka bertanggung jawab dalam mempersiapkan kue  manis, kue-kue kering dan roti-roti yang biasa dimakan untuk sarapan. Mereka juga dituntut untuk menghidangkan makanan penutup (dessert) dengan tampilan yang elegan dan kreatif.

Sekian ulasan dariku, kalau ada kurang dan salahnya mohon maaf :D, dan terimakasih
Cr: dari FPnya Hell's Kitchen Indonesia, kalian bisa mengunjungi FP tersebut karena didala FP tersebut tidak hanya membahas apa saja yang berlangsung diacara tersebut, tetapi di FP sana terdapat istilah-istilah didalam dunia Dapur ataupun Hotel yang bisa menambah pengetahuan kita.

No comments:

Post a Comment