Monday, September 22, 2014

[Curhat] Enam Tahun Lalu

Kemarin aku telusuri jalan kenangan
Masih sama walau sedikit berubah disana-sini
Jalan yang tak mungkin aku lupakan
Dimana belajar dewasa disana kurasakan

Aku lewati gedung kampus UGM
Pikiranku terbang ke Enam tahun yang lalu
Dimana Usiaku baru 16 tahun
Kelas 2 SMK, merantau ke Jogja untuk PKL

Rasanya dulu ada ASA ingin mengenyam pendidikan di UGM
Walau asa itu lambat laun memudar seiring jalannya waktu
Bukan malas, tapi tak ada pengharapan
Dengan kondisi orangtua saat itu

Enam tahun terlewati sudah
Melewati Megahnya Gedung UGM
Pikiranku berandai-andai
Melayang jika aku saat ini kuliah disana

Mungkin saat ini aku sedang sibuk memikirkan Skripsi
Atau aku putus kuliah ditengah jalan
Melihat ekonomi orangtua tak kunjung membaik
Atau aku sudah lulus kuliah?

Tapi itu hanya pengandaian
Menengok diriku saat ini
Enam tahun telah terlewati
Tanpa aku sadari

Dengan sepeda motor milik sendiri
Tanpa merengek ke orangtua
Dengan jerih payah sendiri
Bekerja selama ini

Dengan hp yang tak mewah
tanpa merengek orangtua
Dengan penghasilan sendiri
Bisa meringankan beban orangtua

Dan kusadari itu, senyum mengembang dipipi
Tak perlu disesali, tak perlu berandai
Hidup maju kedepan, bukan berjalan mundur
Kebahagian bukan dari apa yang kita inginkan
Tapi tumbuh dari dalam diri sendiri

Berhenti berandai, berhenti berangan
Bersyukur melihat apa yang dimiliki saat ini

No comments:

Post a Comment