Tuesday, July 30, 2013

Markisa

Buah Markisa


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Spermathopyta
Ordo: Malpighiales
Famili: Passifloraceae
Genus: Passiflora
Spesies: P. edulis
Nama binomial
Passiflora edulis
Sims
(cr:Wikipedia)

Buah kaya manfaat nih, mudah banget ditanam dipekarangan rumah. Pohonnya menjulur jadi butuh pohon inang atau papan penyangga kalau engga bisa dibiarkan merambat ke tembok-tembok. Ada dua jenis markisa yang kita kenal yaitu Markisa Kuning dan Markisa ungu, dan ada Markisa yang tumbuh didaerah Sumatra Barat yang katanya Manis.

Aku dulu punya yang kuning, aku biarkan merambat di pohon talok (cerry jawa) tapi karena banyak anak-anak yang manjar pohon taloknya jadi cepet mengering sekarang udah mati, tinggal punya Markisa yang ungu.

Dalam segi bentuk Markisa kuning lebih besar dibanding Markisa ungu, kulitnya juga ga setebal yang ungu. Terus wanginya lebih harum yang kuning dan airnya banyak, aku suka yang kuning dibanding yang ungu. Nih pohon Markisa unguku yang merambat ditembok.
zazyu.blogspot.com

Nih ada beberapa manfaat buah Markisa :
1. Menangkal kanker
2. Mengatasi insomnia
3. Mengatasi batuk
4. Anti alergi
5. Menenangkan anak hiperaktif
6. Melancarkan ASI
7. Menjaga kecantikan wajah
8. Menurunkan kolesterol
9. Memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan
10. Melancarkan peredaran darah
11. Anti peradangan
12. Penurun panas (anti piretik)
13. Mencegah hipertensi
14. Penghilang nyeri (analgesik)
15. Antiseptik
16. Penghilang kerut pada wajah


Manfaat Markisa Bagi Kesehatan

  • Buah Markisa Kaya akan Serat
    Buah markisa memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. Buah markisa juga bisa dijadikan pencahar ringan.

  • Buah Markisa Kaya Antioksidan
    Warna-warna kulit buah yang ungu serta warna daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah ini kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.
  • Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma
    Bagi Anda penderita asma, markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, Markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.
  • Buah Markisa Memiliki Efek Relaksasi
    Minum segelas jus markisa dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang. Buahh ini sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.
  • Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Insomia
    Buah Markisa memiliki efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan pirikan anda. Hal ini sangat membantu penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur nyenyak. Segelas jus markisa sebelum tidur bisa mungkin bisa anda minum sebelum tidur.
  • Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik
    Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.
  • Buah Markisa baik untuk Diet
    Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi. (Cr:http://jendelauntukkita.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment