Friday, July 5, 2013

Beauty of Indonesia: Nyadran

Sebentar lagi bulan puasa datang, nyadran adalah tradisi sebelum datangnya bulan puasa biasanya orang-orang pada ngadain kenduri atau selamatan kalau didesaku berlangsung pada tanggal 25 jawa, dan embahku dulu buat kenduri terus buat sesajen *wkk namanya orang jawa.
antarafoto
Nyadranya sendiri, kalau didesaku orang-orang desa buat makanan atau beli bermacam-macam makanan dan buah-buah lalu ditempatkan ke tenong kek gini nih bentuknya tenong
mak-iyen

Terus tenong-tenong berisi makanan tadi dibawa para ibu-ibu ke pemakaman, disana jika semua sudah berkumpul lalu tetua desa memimpin dan yang lainnya mengaminin. selesai doa langsung serbu deh isi tenong-tenong tadi.Inget waktu kecil rasanya seneng banget, sekarang lama-kelamaan mulai luntur, tak semeriah waktuku.

Selesai acara tadi, biasanya para warga terus jiarah ke makam, membersihkan dan berdoa disana. Sekarang aku cuma ngikuti yang jiarah ke makam, kalau nyerbu makanan dah gak dah gede  :D

Marhaban ya Ramadan, mari kita sambut bulan penuh berkah dan ampunan dengan penuh kebahagian dan kesungguhan, bersih diri bersih hati dan pikiran kembali kefitrah pada akhirnya menuju kemenangan, amin.

No comments:

Post a Comment