Sunday, June 16, 2013

Beauty of Indonesia: Kota Klaten

Klaten



Kota antara Daerah istimewa Yogyakarta dan Solo ini adalah kota dimana saya tinggali sekarang, walau saya tidak lahir disini tapi waktu kecil saya pindah dan mulai menetap dikota kelahiran ayah saya ini. Saya tinggal di rumah warisan leluhur rumah Joglo rumah yang jadi ciri khas Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Rumah Joglo terdapat beberapa bagian dari rumah yang diberi nama masing-masing seperti Pendopo (kalo jawa sih disebut dopo gitu saja, itu bagian depan rumah yang mempunyai empat soko guru), Gandok, Sentong, Pawon dll.

Nama Klaten sendiri berasal dari kata mlati (Bunga melati) lalu mengalami perubahan pelafalan dan menjadi Klaten, ada versi lain yang menyebutkan nama itu berasal dari kata Kelati (buah bibir) lalu lama-kelamaan berubah menjadi Klaten.

Hari jadi kota Klaten adalah 5 Juni, biasanya diadakan Kirab Budaya untuk memeriahkannya. Semboyan Klaten adalah Klaten Bersinar.
cr:IT
Obyek Wisata Kota ini selain Berbagi Candi Prambanan yang berada diantara Provinsi Yogya, terdapat pula obyek-obyek candi lain yang menyebar disekitaran daerah Klaten. Selain candi obyek wisata yang terkenal adalah Makam Sunan Pandanaran yang terdapat di Kecamatan Bayat. Dan juga Museum Gula, di Gondang Winangun.
cr:virmansyah.info
Sedangkan tradisi yang terkenal di Kota Klaten, Pertama Syawalan atau Bodo kupat di daerah Rowo Jombor biasanya dilakukan pada tanggal 7 Syawal atau seminggu setelah Lebaran. Kedua adalah Yaqowiyu atau Sebar apem di daerah Jatinom, biasanya dilakukan di hari Jum'at pertengahan bulan sapar (pertanggalan jawa).

Makanan Khas kotaku yang terkenal adalah Ayam Bakar Klaten yummi, juga aneka kripik (kripik belut, ceker (kaki) ayam, paru sapi, dll). 

Daerah Klaten juga berada dilingkaran Gunung Merapi, rumahku 30 km dari gunung merapi mungkin kurang lebihlah tapi terlihat jelas dari rumahku gunung Merapi apalagi waktu aktif mengeluarkan lahar.

Ingat tahun 2006 tepatnya tanggal 27 Mei Gempa Bantul juga terasa di daerah klaten dan daerah terparah adalah Kecamatan Wedi dan Gantiwarno kalau desaku yang berbatasan dengan Kecamatan wedi lumayanlah membuat banyak rumah rusak, Alhamdulilah keluargaku selamat semua.

Sekian dulu Beauty of Indonesia: Kota Klaten hehehe

Cr:Wikipedia

No comments:

Post a Comment