Wednesday, May 1, 2013

Recap Sinopsis Gu Family Book Episode 4




“jangan khawatir, aku kang chi akan melindungimu” ucap kang chi
“kapan, aku pernah mendengar hal ini sebelumnya” kata batin yeo wol
“jangan takut, aku akan melindungimu”

Yeo wol ingat waktu kecil, dia dikejar seekor serigala dan jatuh ketakutan, dan seorang anak laki-laki kecil datang menolongnya.
Kang chi sudah tak kuat dan akhirnya jatuh tertidur di pundak yeo wol. Saat itu muncul bola-bola biru. Menyadarkan yeo wol ditempat apa dia sekarang. Dia mendongak keatas dan melihat bulan sabit muncul diatas pohon persik yeo wol ingat perkataan pertapa so jung.
“Saat bulan sabit muncul tepat diatas pohon persik, itulah pertanda buruk bagimu. Jika kau bertemu seseorang disana, kau harus menghindarinya bagaimanapun caranya”

Episode 4
So jung melihat ke penginapan seribu tahun dengan penuh arti. Pelayan teman kang chi datang ketakutan menemui Tae seo mengatakan seorang tamu penting datang. Ternyata tamu itu rombongan gwan wong yang dilihat yeo wol dan gon. Kembali ke tempat tuan park, dam pyung joon mengatakan penginapan seribu tahun milik tuan park menjadi sasaran dan tuan park terlihat terkejut. Tae seo, pelayan choi dan pelayan lain datang menemui rombongan gwan wong.


Tae seo menyambut sopan, dan memperkenalkan diri, mereka seperti tahu kalau tae seo bukan pemilik penginapan, tae seo menjelaskan ayahnya pemilik penginapan dan sedang tidak berada ditempat. Pengawal gwan wong meminta menyiapkan kamar untuk mereka, tae seo menjawab kamar yang tersisa tak cukup untuk menampung mereka semua, pengawal itu marah. Gwan wong membuka tirai dari tandunya dan bertanya “apa kau pernah dengar soal jo gwan wong?”
“seorang yang dulu menjabat sebagai assisten menteri” jawab tae seo “iya itu aku” jawab gwan wong dan semua orang terkejut.
Tae seo bingung, juga pelayannya karena memang kamarnya tidak ada lagi. Akhirnya tae seo memutuskan untuk mengatakan yang sebenarnya. Pelayannya resah karena orang itu adalah gwan wong dan para pengawalnya terlihat sangat terlatih, tae seo menanyakan kang chi, tapi tak ada yang tahu seorang pelayan pergi mencari kang chi.

Dan orang yang dicari sedang tertidur, yeo wol menungguinya sambil terus mengingat perkataan so jung apa benar dia jodohnya. “hei!” panggil yeo wol “hei kau dengar?” ulang yeo wol tapi kang chi belum bangun, perlahan yeo wol mendekat dan menyentuh pipi kang chi dengan telunjuknya, kang chi mengorok membuat yeo wol kaget, “lupakan saja, tidak mungkin” kata yeo wol meyakinkan diri, kalau dia tak akan membahayakan nasibnya.
Gon masuk, yeo wol bersiap dia kira orang lain, gon menjelaskan kalau dia berhasil mengusir orang-orang yang mengejarnya tadi. Dia juga bertanya apa kang chi terluka, yeo wol menjawab hanya terkena serbuk bius, tapi sampai saat ini kang chi belum sadar. Gon melihati kang chi sesaat dan menendang lengan kang chi membangunkannya tetap saja kang chi tak bangun, ia lalu mengeluarkan pedangnya dan menancapkan tepat dimuka kang chi yang langsung tersadar dan menghindarinya dan amat terkejut.

Yeo wol dan gon juga ikut kaget, kang chi marah-marah dan bertanya siapa mereka, gon menjawab sebelum menanyai mereka seharusnya kang chi memperkenalkan diri dahulu. Kang chi menjelaskan dirinya putera kepala pelayan di penginapan seribu tahun. Giliran gon menjawab, tapi dia tak mau memperkenalkan diri dengan orang asing, kang chi merasa dipermainkan ia kesal dan melawan gon, tapi gon bisa menghindari dan memukul kang chi. Kang chi berdiri dan akan membalas tapi dihalangi yeo wol.

Yeo wol marah kenapa kang chi bersikap tidak sopan terhadap orang yang menolongnya, kang chi kaget dan melihati yeo wol dia tak percaya. Yeo wol merasa diremehkan, ia lalu menendang kang chi dengan kakinya, kang chi terjatuh dan memgangi pipinya, dia tak bisa berkata lagi. Dan akhirnya kang chi diikat lengannya dan diperintah menunjukan arah ke penginapan seribu tahun. Sepanjang perjalan kang chi protes dan meminta dilepaskan ikatannya.
Yeo wol tak mau, karena dia tak tahu kang chi berbohong atau tidak, jika benar kang chi putera pelayan kenapa dia dikejar-kejar orang, kang chi menjawab dia punya masalah pribadi, gon bertanya apa kang chi mencuri uang, atau karena masalah wanita. Tepat kang chi tak bisa berkata lagi, yeo wol melihatinya. Saat itu pelayan yang mencari kang chi, seperti melihatnya dan memanggilnya, kang chi ketakutan, dan agak gengsi dia memohon yeo wol mau melepaskan ikatannya.

Yeo wol merasa menang, dia malah menunjukan apa kang chi yang sedang pelayan itu cari, dan semakin dekat ternyata itu benar. Pelayan itu bertanya siapa mereka, kang chi mengarang dan menjawab kalau mereka teman, gon dan yeo wol tak percaya jawaban kang chi. Kang chi lalu merangkulkan lengannya ke leher yeo wol dan sok akrab, gon kesal mencoba melepaskan yeo wol. Pelayan itu heran tapi dia tak peduli, dia langsung mengatakan kalau dipenginapan sedang ada masalah, dan kang chi harus cepat kesana.

Kembali ketempat gwan wong , tae seo menjelaskan dengan sopan kalau tidak ada kamar. Tetapi gwan wong tidak mau tahu, bagaimana caranya dia harus bisa dapatkan kamar. Tae seo tidak bisa melakukan hal itu,karena hal itu  berarti dia harus mengusir tamu lain, gwan wong menyuruh tae seo melakukan hal itu. Tae seo meminta maaf, dan memberi tahu ada 2 penginapan lain dan dia bisa menyuruh seseorang menanyakan apa ada kamar kosong.

Gwan wong memang berniat cari masalah, dia merasa disamakan derajatnya dengan tamu yang lain. Tae seo menjawab semua tamu yang menginap sama derajatnya. Gwan wong bertanya bahkan perintahnya dia tak mau menurut, tae seo menjawab iya, bahkan raja sekalipun.gwan wong marah, pengawalnya mengayunkan pedangnya keleher tae seo mengancam. 

Dikamar Ny yoon, pelayan chung jo memberitahu apa yang terjadi. Ny yoon juga Chung jo kaget mendengarnya,chung jo bertanya dimana para pengawal juga kang chi, pelayannya tak bisa menjawab takut dengan Ny yoon.
Kang chi terdiam mendengar cerita pelayan. Kang chi lalu berbalik menatap yeo wol dia memohon dengan sepenuh hati, untuk melepaskannya karena dia harus menolong keluarganya. Yeo wol sepertinya tersentuh perkataan kang chi.
Gwan wong tersenyum licik dan menggunakan jawaban tae seo sebagai penghinaan terhadapa raja. Dia yang merasa orang yang melayani raja, tidak terima jika rajanya disamakan derajatnya (*huweek, ini orang pintar banget cari alasan buat nyalahin orang lain). 

Ny Yoon datang dan meminta gwan wong tenang. Dia juga meminta maaf atas tindakan tae seo dan akan segera menyiapkan kamar, gwan wong masih tak terimaatas jawaban tae seo  dan akan tetap menghukum tae seo, Ny yoon sampai berlutut dan meminta dirinya saja yang dihukum karena tak bisa mendidik anaknya. Disaat itu, chung jo turun dan mencari tahu ibunya, saat itu gwan wong melihat chung jo seperti melihat seo hwa. Chung jo melihat ibunya berlutu dia mendekat dan memanggil ibunya tapi ditahan pelayan choi, gwan wong masih menatap chung jo sesaat sampai kang chi datang menghalangi pandangan gwan wong.


Kang chi manatap tajam gwan wong, lalu angin berhembus kencang, tae seo membantu ibunya berdiri, gwan wong menatap heran. Yeo wol dan gon melihati mereka dari atas genting.
“siapa kau?” tanya gwan wong, pengawalnya menyiapkan pedang
“namaku, choi kang chi” jawab kang chi
“apa urusanmu disini?” tanya gwan wong
“tamu yang menimbulkan keributan dan kekacauan di penginapan, aku yang bertanggung jawab mengurusnya” tantang kang chi, Ny Yoon akan mencegah kang chi, tapi ditahan tae seo.
“Kau tampak sudah cukup tua untuk mengetahui seluk beluk dunia ini, gangguan apa ini?” tanya kang chi “gangguan?” gwan wong tersinggung
“Kau mengarahkan pedang saat kau secara hormat diberitahu kalau tak ada kamar. Dan kau menyebut raja untuk menyalahkan dia karena pengkhianatan.Kau tak menyebut hal ini gangguan?” lanjut kang chi “kau tahu, kau sedang bicara dengan siapa?” gwan wong mulai marah
“siapa yang peduli, siapapun itu yang datang kesini, dia hanya tamu biasa” jawab kang chi
“kau!” gwan wong amat marah, dia memerintahkan anak buahnya memotong lidahnya.

Para pengawalnya mengacungkan pedang mereka, mengurung  kang chi. Yeo wol akan turun membantu, tapi gon menahan yeo wol. Kang chi melawan para pengawal itu dan berhasil membalikan keadaan, saat itu gelangnya bersinar seorang pengawal gwan wong  melihatnya.


Yeo wol terlihat kagum, dia merasa kang chi berbeda dengan yang tadi, gon hanya menatap heran. Kang chi masih menantang gwan wong, mereka saling menatap sesaat kemudian, gwan wong malah tertawa semua orang kebingungan. Dia bertanya nama kang chi lagi dan mengingatnya, dia juga beralasana hanya mampir ke penginapan seribu tahun, karena mendengar banyak hal menyenangkan sembari melihat secara bergantian, tae seo dan Ny yoon, kang chi dan chung jo.
Tiba-tiba, kepala polisi datang buru-buru dan meminta maaf karena terlamabat, dengan hormat dia meminta gwan wong menginap di markasnya saja. Gwan wong dengan senyum licik mengatakan tempat ini tak membosankan dia menatap penuh arti. Akhrinya rombongan gwan wong pergi. Yeo wol terus menatap kang chi, sampai dia tak mendengar dipanggil gon.

Keesokan harinya, tuan park marah. Diruangannya sudah ada, Ny yoon, tae seo, kang chi juga ketua pengawalnya. Tuan menanyai keberaadan para pengawal yang seharusnya menjaga, pengawal itu tak bisa menjawab, kang chi merasa tidak enak dia membela pengawal dan mengarang cerita, tapi jelas itu ketahuan tuan park kalau kang chi berbohong.

Ny yoon menengahi dan meminta suaminya meminta maaf kepada gwan wong, dia menjelaskan siapa itu gwan wong, ny yoon juga masih mempersalahkan tindakan kang chi.
Tuan park menuruti istrinya dia pergi dengan tae seo ketempat Gwan wong. Diruangannya gwan wong ditemani beberapa gisaeng. Tuan park memperkenalkan diri dengan hormat dan menunggu diluar bersama tae seo, gwan wong hanya menatap dan membiarkannya saja mereka tak mempersilahkan mereka masuk.
Ny Yoon memanggil kang chi dan memerahinya, mengapa kang chi kembali. Ny yoon terus mempersalahkan tindakan kang chi. Kang chi lalu bertanya kenapa Ny yoon membencinya, Ny yoon berfikir sejenak lalu menjawab kalau kang chi itu pertanda buruk dan takut akan melukai tae seo juga chung jo.

Kang chi berjanji tak akan melukai mereka, dia akan melindunginya dengan mempertaruhkan nyawanya demi mereka. Ny yoon tak mempercayai janji kangchi, dia keceplosan bahwa dia tak tahu kang chi itu manusia atau bukan. Kang chi tersentak heran dan bertanya apa maksudnya, belum ny yon menjawab, pelayannya memberi tahu chung jo datang, ny yoon segera menyuruh kang chi pergi, dia sendiri meninggalkan kang chi dan keluar menemui chung jo.

Kang chi berjalan keluar, masih memikirkan perkataan ny yoon. Di jalan dia melihat chung jo sedang bersiap-siap membuat baju untuk acara pernikahannya, dia bercanda dengan ibu dan para pelayannya. Kang chi memandangi sesaat lalu pergi, begitu pula chung jo.
Sampai ditengah penginapan dibawah pohon sakura, kang chi masih berfikir dia memetik bunga sakura. Yeo wol datang, dan mengutarakan pendapatnya mengapa kang chi ditangkap kemarin, karena kang chi jatuh cinta terhadap putri yang berbeda golongan dengannya, dan ketahuan nyonya karena itu kang chi dikejar-kejar kemarin.

Kang chi menghela nafasdia heran kenapa yeo wol ada disini, yeo wol menerangkan kalau dia menginap disni, kang chi meminta yeo wol tak usah ikut campur, dia lalu pergi sesaat membalikan badan yeo wol memukul kepala kang chi dengan tongkat keduanya kaget.

Yeo wol mengira kang chi bisa menghindar, kang chi kesal dia menarik tongkat itu hingga mereka berdekatan, dia menjelaskan tergantung dari siapa lawannya dia bisa menggunakan kekuatannya, yeo wol jadi tahu kalau kekuatan kang chi berubah-ubah.

Yeo wol lalu menantang kang chi berkelahi, kang chi tertawa meremehkan yeo wol, dia tak mau melawan yeo wol dan pergi, yeo wol lalau mengatakan “laba-laba” kang chi terhenyak dan berbalik, “yang kau takuti didunia ini, hanya laba-laba kan?” kata yeo wol, kang chi heran tapi dia berusaha menyangkalnya
 
“itu ada laba-laba” kaya yeo wol menakuti, “dimana?” kang chi langsung heboh sendiri ketakutan dan menubruk yeo wol “kau masih menyangkalnya” kata yeo wol sambil menatap kang chi penuh arti, kang chi hanya terheran, dia lalu bergegas pergi masih geli, dan heran siapa yeo wol kenapa dia bisa tahu.Yeo wol masih terdiam terpaku, dan dia merasa yakin siapa itu kang chi.

Kembali ketempat gwan wong, yang belum mau mempersilahkan tuan park dan tae seo masuk. Keduanya masih menunggu didepan pintu. Para gisaeng terlihat tidak enak melihatnya, seorang gisaeng berkata kalau tamu gwan wong telah lama menunggu. Sesaat kemudian gwan wong menghentikan kegiatan gisaeng dia berdiri dan memarahi gisaeng yang bertanya tadi, dan meminta mereka masuk, gisaeng itu menurut dan mempersilahkan tuan park dan tae seo masuk.
Di ruangan itu tinggal ketiga orang tersebut, gwan wong bertanya kenapa mereka datang. Tuan park dengan sopan meminta maaf atas kesalahan anaknya dan berniat menyambut baik gwan wong. Gwan wong kesal dia membanting cawan minumnya, dia lalu sudah memikirkan hukuman yaitu pukulan sebanyak 200 kali untuk kang chi.

Tuan park keberatan dan meminta maaf, gwan wong masih mempersalahkan ucapan tae seo semalam mereka slaing menatap sengit.  Tuan park meminta gwan wong mengganti hukuman dengan hal lain. Gwan wong lalu meminta tuan park memberikan penginapan seribu tahun, tentu membuat tuan park dan tae seo kaget, gwan tersenyum licik dia lalu memberikan pilihan lain, yaitu menyerahkan chung jo kepadanya. Tentu saja membuat kedua orang itu menatap sengit ke gwan wong, dan akhirnya gwan kembali ke awal dia meminta memukul kang chi sebanyak 200 kali.
Tuan park berfikir, dia mengingat percakapannya dengan dam pyung jon.  Apapun yang terjadi
“Jangan menyetujui tuntutannya. Jangan tertipu oleh taktiknya.Ingat itu baik-baik” itu perkataan dam pyung jon, tuan park seperti tahu apa yang harus dia lakukan, dia membenarkan duduknya dan meminta dia saja yang menerima pukulan itu, karena dia adalah anak dari anak-anak itu maka dia yang bertanggung jawab atas kesalahan putra-putranya.

Api peperangan mulai terpecik, gwan wong merasa tersudut, akhirnya dia melepaskan tuan park dan tae seo. Keduanya berpamitan pergi, pengawal setia bertanya kenapa tuannya melepaskan mereka. Gwan wong takut kemarahan masyarakat jika dia menghukum tuan park. Dia juga punya ide untuk membunuh tuan park dengan menjebak kang chi sebagai pembunuhnya.

Sedangkan kang chi, diam-diam menguntit yeo wol dan gon jalan dipasar. Dia terus mengikuti kedunya, dan sepertinya yang diikuti tahu dan membiarkan saja. Sampai tengah pasar kang chi kehilangan mereka karena terhalang orang lewat. Keduanya melihat dari jauh, dan heran kenapa kang chi mengikutinya, tapi sepertinya keduanya punya urusan dan pergi dari tempat itu.

Sedangkan kang chi saat berbalik melihat rombongan ma bong chul sedang meminta uang dengan paksa  kepada orang-orang pasar, kang chi menghadang mereka.
Yeo wol dan gon menemui seseorang, yeo wol memberi hormat padanya,lalu duduk sembari memberi sebuah kertas yang berisi catatan kasus pembunuhan selama 15 hari ini. Lalu keduanya berbicara tentang tindakan gwan wong, membunuh banyak orang hanya untuk mengambil bisnis di provinsi selatan. Ketika sedang berbicara mereka terusik oleh suara perkelahian yang ternyata kang chi yang berhasil menangkap bong chul.

Lalu ketiganya melihat aksi kang chi ditengah pasar, mereka menduga kang chi yang memalak uang. Tapi ternyata kang chi menolong orang-orang pasar dari preman-preman itu. Orang-orang pasar sangat berterimakasih ke kangchi, sambil meneriaki namanya. Tuan itu kelihatanya seang atas tindakan kang chi begitu juga yeo wol. Disana juga ada so jung yang memperhatikan kang chi, yeo wol melihat so jung hendak pergi, dia lalu mengejarnya.
Yeo wol bertanya apa so jung mengingatnya, so jung mengingatnya. Lalu yeo wol bertanya tentang nasibnya, bulan sabit dan pohon persik jika dia tak menghindarinya apa yang terjadi. So jung berfikir sejenak lalu menjawab salah satu dari kalian akan mati, jawaban itu mengagetkan yeo wol, dia ketakutan siapa yang akan mati apa dirinya atau dia, hanya langit yang bisa memutuskan jawab sojung lalu pamit pergi. Yeo wol berjalan sambil berfikir, dia melihat kembali kang chi yang masih berada ditengah-tengah orang.

Malam hari kang chi membawa minuman dan makanan. Dia bertemu ayahnya lalu memberi minuman itu, ayahnya sangat senang. Dia lalu ke tempat keluarga park sedang berkumpul, disana terdapat ketua pengawal, keduanya melihati keluarga tuannya sedang asik bercengkerama penuh tawa.

Ketua pengawal itu mengingatkan kedudukan kang chi, kang chi paham itu dia lalu memberikan makanan yang dibawanya untuk pengawal tersebut dan memintanya istirahat karena dia yang akan ganti berjaga untuk malam ini.

Sedangkan yeo wol, sedang latihan pedang didekat pohon sakura, dia ingat kang chi dan juga memikirkan perkataan so jung. Ostnya– Baek Ji Young _ Spring Rain
Kang chi melihat latihan yeo wol, dan bertepuk tangan karena keren, bisa menjatuhkan kelopak bunga tanpa menyentuhnya. Yeo wol bertanya kenapa kang chi ada disini, dia menjawab dia sedang bertugas menjaga, yeo wol lalu meninggalkan kang chi tapi ditahan kang chi dengan pertanyaan.
“bagaimana kau tahu?” tanya kang chi
Yeo wol berbalik “aku tak pernah menceritakan kepada sipapun, tentang aku yang takut dengan laba-laba, kenapa kau tahu, apa kau mengenalku” lanjut kang chi, yeo wol menatap kang chi
“apa kau mengenalku, apa kita pernah bertemu sebelumnya?” tanya kang chi lagi, karena yeo wol diam saja “apa kau mengenalku, apa kita pernah bertemu sebelumnya?” yeo wol malah balik bertanya “sebenarnya..aku tidak mengingat, karena itu aku bertanya” ucap kang chi
“berarti kita tak pernah bertemu sebelumnya, karena kau tak mengingatnya maka hal ini tak penting bagimu” kata yeo wol kecewa, dia lalu pergi kang chi berfikir serius “jika aku mengingatnya, apa hal ini akan jadi penting” jawab kang chi lalu keduanya saling berhadapan dan menatap penuh pikiran masing-masing.

Tiba-tiba kang chi berlari kearah yeo wol menolongnya dari lemparan seperti senjata ninja, lalu keduanya melihat keatas seseorang berpakaian hitam dan menutupi wajahnya berlarian di atap keduanya lalu mengejar. Ditempat pengawal tuan park juga merasa melihat seseorang, dia lalu berlari mengejarnya.
Tuan park, berada diruangannya sedang membaca buku juga merasakan ada seseorang dia bertanya tetapi tak ada jawaban, dia lalu berdiri dan membuka jendela, angin kencang berhembus menerbangkan buku dan mematikan lilin, tuan park heran, dia kembali menyalakan lilin dan menoleh dia melihat so jung berdiri didepannya.
Yeo wol dan kang chi mengejar sampai dibelakang penginapan, sampai disana mereka melihat seorang berdiri diatap. Ditempat gwan wong, dia sedang bermain catur dengan seorang wanita, sembari berkata permainan segera dimulai.
Seorang yang dilihat yeo wol dan kang chi, bertambah banyak, dari hanya gumpalan asap hitam berubah jadi ninja, dan lama-kelamaan semakin banyak mengepung keduanya.

Diruangan park, keduanya duduk saling berhadapan, awalnya tuan park tak curiga, dia bertanya apa waktunya semakin dekat, so jung hanya mengiyakan saja. Tuan park terus menceritakan hal aneh yang terjadi pada kang chi pada saat bayi, so jung terus bertanya mengenai yang terjadi, tuan park sadar sesuatu tentang orang yang dihadapannya dia curiga, dan bertanya siapa dia sebenarnya.

So jung lalu mengulurkan pedang keleher tuan park, dan memaksa memberitahu apa yang terjadi, tuan park tak gentar dia tetap diam saja menghadapinya. Sesaat so jung berubah menjadi ninja, kali ini tuan park kaget.


Kang chi heran siapa mereka sebenarnya, yeo wol menjelaskan kalau mereka hanya ilusi, para ninja itu mengeluarkan pedang, kang chi bertanya apa pedang itu juga ilusi. Yeo wol menjawab walau hanya ilusi pedang itu juga dapat melukai mereka, jadi tetap harus berhati-hati, kang chi terkejut mendengarnya.

Kembali ke tuan park yang terus dipaksa ninja itu untuk menceritakan tentang kang chi dan gelangnya.  “jika kita mati semua berakhir, cara satu-satunya kita harus berkelahi untuk bertahan” kata yeo wol sembari menarik pedangnya,keduanya  bersiap menghadapi mereka.
Selanjutnya: Gu Family Book Ep.5

No comments:

Post a Comment