Thursday, May 30, 2013

Aksesoris dan Stuff Drama Korea Sageuk

Karena banyak nonton Drama Sageuk akhir-akhir ini, aku malah kepingin punya aksesoris sama stuff nya hehehe, pingin beli tapi ga tau dimana, kalaupun ada ga sesuai dengan yang diinginkan :(

Ni beberapa aksesoris dan stuff yang aku ketahui, Antara lain :

1. Norigae/ Hiasan Baju Hanbok
Aksesoris yang dipakai bersama hanbok, biasanya diikatkan pada tali yang ada pada dada hanbok. Lucu-lucu, kebanyakan hiasan kupu-kupu atau pake batu giok, aku pingin buat Lebaran nanti aku punya rencana buat hanbok modern, pingin dikasih hiasanan norigae.










2. Dwikkoji & Bichigae / Hiasan Rambut
Hiasan yang dipakai di rambut, biasanya bentuk bunga-bunga, daun, kupu-kupu dan lain-lain.










3. Binyeo / Tusuk Konde
Ini seperti tusuk konde di Indonesia, gunanya untuk menahan Sanggul/Konde dan menambah cantik rambut, biasanya dibuat dari bahan kayu, logam mulia, batu giok dll. Bentuk jenis dan juga bahan pembuatannya sesuai dengan kasta sipemakainya.



4. Ddeoljam/ Hiasan Sanggul Kepala
Kalau yang katam nonton Jewel in the Palacar/ Dae Jang Geum, pasti hapal dengan hiasan rambut ini, biasanya mencolok dipakai Ratu dan para selir Raja, sedangkan untuk rakyat biasany hiasanya enggak se heboh dan warnanya lebih kalem.



5. Daenggi/ Ikat Rambut
Seperti helaian kain panjang yang biasanya untuk mengikat kepangan rambut dan menambah cantik, warna bentuk pola gambar tergantu sipemakai juga.


6. Basshi Daenggi, Cheopji / Bandana Rambut
Intinya sih sama sebagai penahan rambut yang sudah tertata rapi, kalau Basshi Daenggi mungkin cenderung untuk anak-anak dan gadis yang belum menikah. Sedangkan Cheopji untuk wanita yang sudah menikah dan bentuk dan modelnya sesuai dengan kasta masing-masing, kadang kasta budak tidak memakai hiasan rambut apapun.

Basshi Daenggi
Cheopji

7. Jokduri, Hwagwan/ Hiasan Rambut upacara nikah
Ini hiasan diatas kepala, biasanya digunakan untuk upacara khusus seperti pernikahan, kalau Jokduri lebih simple dari Hwagwan.

Jokduri

Hwagwan

Stuff
Peti/ Laci Korea
Aku ga tahu nama aslinya, pokoknya kotak-kotak unyu-unyu yang sering buat tempat barang-barang apa saja.


Credit : Norigae , Minwhee, Naschenka, dreamingsnowflake2013.tumblr.com, Aisyahrahma49. blogspot.com, feedingmyprocrastination.wordpress.com, Foto Korea, and any sources thankyou

No comments:

Post a Comment