Saturday, October 27, 2012

Seko Luwu Utara, SulSel

Lupa Nama acaranya apa, lihat Trans 7 jam 5 sore pokonya yang ngebahas Seko, Luwu utara. Diceritakan Kecamatan itu terisolir dari kota, karena jarak dan jalan menuju kesana sulit. Ada dua cara menuju kesana dengan Pesawat, tetapi sekarang tidak berfungsi lagi dan lapangan terbang dibiarkan begitu saja. Tinggal menggunakan Sepeda motor untuk kesana itupun tidak sepeda motor sembarangan, lalu warga sekitar ada yang memakai kuda untuk membawa barang atau hasil panen dan dirinya jalan kaki untuk sampai ke kota dengan jalan kaki membutuhkan kurang lebih 4 hari (wuih ngga kebayang, kalau aku), sedangkan dengan sepeda motor alias ojek yang tarifnya super mahal sekitaran 800 rbu - 1,2 jta kalau musim hujan bisa naik lagi. 

Jadi penasaran jalan seperti apa yang dilalui sampai tarifnya sebegitu mahal. pertama memang jalan masih aspal lalu memasuki desa-desa lalu melewati jembatan. kanan- kiri terlihat mesin-mesin untuk membuat jalan tetapi sepertinya sudah diangggurkan dan karatan, sayang sekali. Sampai menyeberangi sungai dengan rakit, setelah itu jalanan mulai tak bersahabat jalan tanah berlumpur yang tergenang air, aku malah ga kuat lihat kuda-kuda yang sudha bawa bawaan berat berusaha lewat jalanan seperti itu, kalau kudanya bisa berfikir udah nangis teriak-teriak kali ya, hehee.


Kalau crewnya trans 7 sampai disana naik Ojek butuh waktu satu setengah hari kalau ngga salah, karena malam nginap dulu disetengah perjalanan karena kondisi jalan yang tidak memungkin ditambah gelap plus tidak ada penerangan jalan selain lampu motor. Sampai di salah satu desa terlihat Keindahannya dan keasriannya yang belum banyak tersentuh modernsasi. Listrik juga hanya menggunakan diesel (namanya apa ya, ngga ngerti pokonya ya itulah)  yang diberi Pemerintah itupun jumlahnya terbatas.

Lalu Sekolahannya tertinggal sekali, ada satu computer dah jadul banged jamannya aku sd dan nggak bisa dioperasikan alias mati. Terus kata narasinya Guru-guru disana patungan buat beli computer lipat (laptop) untuk praktek anak-anak. Selesai.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete