Sunday, October 28, 2012

Buah Merah & Kacang Kenari

Minggu pagi, dengan rasa lelah setelah kerja diporsir selama 2 hari 2 malam hahaha. Pagi-pagi sudah siap capcus kerja, liat adek nonton tv sekilas lihat cuplikan master chef indonesia 2 "Grand Final" jadi semangat kerja buat nunggu nanti sore.

Beberapa hari lalu lihat Jejak Petualang, di Trans 7, ceritanya tentang Buah Merah terus lain hari Kacang Kenari, belum pernah nyoba makan dan pingin sekali (*bisa ngiler dulu, suatu saat pasti nyicip, amin.)

1. Buah Merah




Buah Merah buah khas papua oleh warga sekitar juga disebut Kuansu dan Nama ilmiahnya Pandanus Conoideus Lam. Kalau menurut aku buahnya mirip jagung muda (hahhaa).  


Buah merah dikelupas diambil bagian merah-merahnya dalemnya itu  berwarna kuning, dan mau dibuat minyak dengan cara direbus. 



2. Kacang Kenari

Dengar kata kenari jadi kepikiran banyak hal Ketam Kenari, Burung Kenari, Dan Kacang Kenari lihat tayangan jejak petualang di Halmahera yang ngebahas kacang kenari di pulau yang aslinya gunung berapi.




selain Kacang Kenari disana bermacam pohon dan buah-buahan tumbuh subur (*ya iyalah kan tanahnya subur dari letusan gunung berapi). Pohonnya tinggi, dan buahnya keras cara bukanya dipukul pake batu, kalau orang yang ngga pernah buka bisa ancur kacangnya, kalau warga sekitar yang biasanya hasilnya utuh-utuh. Setelah dibuka kacang kenari dimasak dengan gula pasir dibuat halua, yummmi.


No comments:

Post a Comment