Monday, March 26, 2012

Macam-macam Nasi (Sego*jawa)

Di Indonesia Nasi bisa dibuat bermacam-macam disetiap daerah masing-masing.
1. Nasi goreng (Sego goreng)
Nasi putih, digoreng dengan bumbu-bumbu dari yang biasa hingga ditambah aneka sayur, lauk, seafood.

2. Nasi Kuning (Sego kuning)
Nasi putih, yang di goreng dengan bumbu kunyit, hingga berwarna kuning, dengan lauk yang umumnya, telur dadar iris, orek tempe pedas manis, abon, ayam goreng dan acar sayur.

3. Nasi Tumpeng (Sego Tumpeng)
Nasi bisa kuning bisa putih, dibentuk mengerucut llau dihias dan diberi lauk-pauk biasa sama dengan lauk pauk nasi luning.

4. Nasi Liwet (Sego liwet)
Nasi khas solo, nasi yang di masak dengan cara diliwet, biasa menggunakan kayu hingga mempunyai rasa yang khas, disajikan dengan sayur labu siam, ayam suwir, telur dan krupuk disajikan diatas daun pisang.

5. Nasi Megono (Sego megono)
Nasi khas pekalongan dan sekitar, Nasi yang diatasnya ditumpangi megono atau cacahan nangka yang diberi bumbu, diurap, lalu makannya dilengkapi aneka lauk.

6. Nasi uduk
 Nasi yang dimasak dengan santan dan diberi bumbu-bumbu disajikan dengan Balado teri, kering tempe, telur dadar iris, bihun goreng dan semur tahu atau kentang.
7. Nasi Kucing (Sego kucing)
Nasi khas daerah Surakarta dan Yogyakarta, di klaten juga hihihi (*Kota kecilku), nasi dibungkus dengan porsi kecil dengan daun atau kertas, dilengkapi lauk secuil bandeng, atau ikan kecil, dikasih sambel.

8. Nasi Bakar
Nasi yang diberi lauk aneka sesuai selera lalu dibungkus daun dan dibakar.
9. Nasi Jamblang
Nasi khas kota kelahiranku Cirebon (hihihi, tersesat di klaten:O ), nasi yang dibungkus kecil-kecil dengan daun jati, dengan lau-pauk bermacam-macam seperti paru, daging, tempe, telur dan sambel khas corebon.

No comments:

Post a Comment