Wednesday, February 29, 2012

Makanan Korea Di drama

Banyak keluar di drama korea makanan khas mereka, yang sering muncul antara lain
1. Kimchi

    Pasti, kimchi makanan khas korea, dari hasil fermentasi, semua drama korea selalu ada kimchinya, cara membuat kimchi:

Bahan-Bahan

  • 1 buah sawi putih.
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis.
  • 1/4 batang wortel, iris tipis memanjang.
  • 1/4 batang lobak putih, iris tipis.
  • 4 batang daun bawang.
  • 2 sendok makan bawang putih, lalu parut.
  • 1 sendok teh jahe, parut.
  • 1/2 gelas bubuk cabe Korea.
  • 2 sendok teh garam.
  • 1 sendok makan gula.
  • 1/2 gelas garam kasar/garam laut.
  • 1 gelas air cup water.
  • 1/4 gelas saus ikan Korea.
  • 1/3 gelas air.
  • 1 sendok makan tepung.

Cara Mengolah

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Sesudah bersih, rendam sawi dalam campuran tiga genggam garam yang sudah dilarutkan dengan air matang untuk sedikitnya enam jam, sampai sawi putih terlihat layu.
2. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih. Tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian dengan membuang ujung-ujung sawi.
3. Saatnya mengolah sawi dengan campuran bahan-bahan bumbu. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, selada air, daun bawang, radis, saus ikan, dan sedikit garam. Baurkan campuran bumbu secara merata menutup semua bagian sawi hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan biarkan sedikitnya 2×24 jam sampai bumbu meresap ke dalam daging sawi dan jangan menyimpan di dalam lemari es. Proses penyimpan lebih lama akan lebih baik karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru simpan kimchi dalam lemari es.
4. Kimchi siap saji bisa disantap begitu saja atau disuguhkan sebagai makanan pembuka sebelum makanan utama.

2. Kue Beras / Tteokbokki

    Kue beras, seperti kudapan dari beras yang selalu ada didrama korea sebagai makanan, biasanya pedas, cara membuatnya:
Cara membuat garaetteok adalah :ie000828674_std
1. Bahan-bahan :
Tepung beras 300 g
Air 110g
Minyak wijen 3 sendok makan
2 . Cara membuatnya :
Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Gampang bukan…?  Karena Jajanan ini sangat populer, maka Garaetteok telah diproduksi secara pabrikan,  dan harganya  menjadi relatif murah dan tentu tidak repot .
Cara membuat Tteokbokki ( 떡볶이 ):
1. Bahan-bahan :
200 g Teuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay
30 g wortel
2 buah jamur Shitake kering
1 buah cabe hijau dan merah
1 sdt minyak goreng
1 sdt minyak wijen
2. Bahan-bahan untuk bumbu
1 sdm bubuk cabe merah
1 sdm Kochujang ,  taujo cabe merah
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kalu daging
sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen
3. Cara memasaknya :
Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang  bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu. Setelah bumbuh masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan.

3. Sup Rumput Laut

    Di drama, Biasanya kalau ada yang lagi sakit atau seringnya pas ulangtahun selalu mereka memberi sup rumput laut.Menurut kepercayaan mereka saat ulangtaun mereka makan sup rumput laut maka mereka akan berumur panjang.
Miyeok Guk (sup rumput laut)bahan :
rumput laut kering (rendam air dingin 15 menit lalu potong potong)
daging sapi (diganti udang atau kerang jg boleh)
bawang putih iris tipis/cincang 2 sdm
Soy sauce/kecap asin /ikan/saus tiram (setengah sdt/ dikit aja)/saus tiram
minyak wijen
merica , garam secukupnya
cara :
1. panaskan wajan , beri minyak wijen, tumis daging
2. tambahkan air, bawang putih,masak sampai daging matang
3. masukkan rumput laut, tambahkan garam , merica, kecap ikan /saus tiram
4. masak sebentar, angkat. sajikan panas-panas.

4. Sup Tulang Sapi

    Ini Sup kesukaan keluarga Shin Ji Hyun di drama 49 days.
Bahan:
1 kg tulang sapi
1 kg kaki sapi
½ kg daging sapi brisket
5 L air

Bumbu :
100 g daun bawang, potong kecil
80 g mi kering tipis
5 g garam
5 g merica

Cara Membuat:



Rendam tulang, kaki dan daging sapi dalam air yang mengaliri selama 5 jam untuk membersihkan darahnya. Jika tidak memakai air mengalir untuk membersihkan darah, harus ganti airnya.
Masukkan tulang, kaki dan daging dengan air setinggi bahan ke dalam panci besar lalu rebus. Setelah kotoran termasuk busa terapung, airnya dibuang. Air yang pertama dipakai untuk merebus bahan daging memiliki kotoran.
Bilas bahan dengan air dingin dan rebus lagi dengan air baru di atas api besar. Setelah mulai didih, kecilkan api menjadi sedang dan rebus selama 5~6 jam.
Setelah 1 jam kemudian keluarkan daging brisket agar tidak terlalu empuk. Dinginkan daging brisket dengan air dingin atau bungkus dengan kain kasa basah agar tidak berubah warna dan tidak kering.
Iris daging merentas uratnya setipis-tipisnya, kira-kira 0,2 cm.
Rebus mi kering tipis. Masukkan mi ke dalam air mendidih dan tambahkan air dingin sekali-kali jika air rebus itu mendidih. Ulang 5~6 kali lalu bilas dalam air supaya menghilangkan tepung pada permukaan mi.
Tempatkan mi dalam mangkuk dan taruh daging diatasnya. Tuangkan kuah ke dalam mangkuk dan masukkan juga daun bawang. Bumbui dengan garam dan merica.

Tips:
  • Kalau tidak membersihkan darah dan kotoran dari tulang, kaki dan daging sapi, kuah menjadi berasa amis dan tidak miliki warna putih.
  • Daun bawang boleh direndam untuk menghilangkan rasa pedas setelah dipotong.

5. Daging Panggang / Galbi

Galbi (갈비): daging iga babi atau sapi yang dipanggang dengan arang dan dibumbui. Potongannya lebih tipis dari bulgogi dan disebut sebagai barbecue Korea. Variasi: dari ayam disebut dakgalbi, jokbal atau kaki babi yang disajikan dengan saus kerang asin. Di drama My Girlfriend Gumiho sering memunculkan makanan ini.

6. JapChae

    Ini yang akhir-akhir ini sering keluar di drama City Hunter.
Bahan :
Soun korea (dang myun) 당면
150 gr daging sapi - iris tipis panjang kira2 3-4 cm
1 ikat pochai - di Jkt biasanya dijual komplit dengan akarnya yg sedikit merah jambu.
2 buah wortel, iris tipis, panjang kira 2-3 cm
1 buah bawang bombay, potong tipis
5 buah jamur hioko
3 siung bawang putih
7-8 daun bawang
kecap asin, gula pasir, lada putih, minyak wijen dan wijen secukupnya

Siapkan bahan :
Rendam jamur hioko sekitar 2 jam, peras kering dan iris tipis
Potong daun bawang sekitar 5-6 cm
Cincang bawang putih


Cara memasak :
Panaskan 2 sm minyak di kuali. Masukkan wortel dan aduk2 sekitar 5 menit. Kemudian masukkan daging sapi, jamur hioko dan bawang putih. Aduk sekitar 2 menit. Kemudian masukkan bawang bombay, daun bawang dan aduk2 sampai semua tercampur rata. Sebelum diangkat tuangkan 1 sm kecap asin dan 1/2 sm minyak wijen. Angkat isi kuali dan tuangkan ke mangkok besar.

Panaskan air di panci besar untuk merebus soun dan pochai. Cuci bersih pochai dan buang akarnya. Setelah air mendidih, masukkan pochai. Sekitar 30 detik-1 menit, keluarkan dan peras air semampunya kemudian potong kira 5-6 cm. Masukkan pochai ke mangkok besar. Jangan buang air dari rebusan, karena masih bisa digunakan untuk merebus soun.

Masukkan soun secukupnya ke air mendidih dan rebus kira 5-6 menit, tergantung petunjuk yang tertera di bungkus soun. Jangan merebus terlalu lama karena soun akan menjadi terlalu lembek. Soun harus sedikit kenyal tapi tidak terlalu keras. Setelah dirasa cukup al dente, keluarkan soun dari air panas dan masukkan ke mangkok besar untuk digabungkan dengan pochai dan bahan2 lainnya. Kemudian tuangkan 2 sm kecap asin, 3 sm gula pasir, 3 sm minyak wijen dan aduk rata. Bisa disajikan dengan sedikit taburan wijen di atas.

7. Nasi Campur / Bibimbap
    Dulu sering keluar di Full House, cara membuatnya:
Bahan yang digunakan untuk 2 porsi:
  • Nasi matang
  • 2-3 genggam Tauge
  • 2-3 genggam bayam/spinat
  • 1 zucchini (jika tidak ada bisa diganti ketimun atau labu siam) dipotong korek api
  • 1-2 buah wortel dipotong korek api
  • 5-7 buah jamur shiitake
  • 200 gr daging giling
  • 2 telur ayam
Bumbu yang digunakan:

Cara memasak:

Tauge
Masak toge bersama 1 cangkir air yang mendidih, setelah layu buang airnya, tambahkan 1 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdm minyak wijen dan secubit garam. Aduk hingga rata, kemudian angkat dan simpan di piring saji.

Spinat/bayam
 Rebus air dalam panci sampai mendidih, kemudian masukan spinat/bayam dan masak selama 1 menit, aduk sesekali.


Angkat dan buang airnya, kemudian rendam dalam air dingin beberapa kali sampai bayam bisa di pegang


Peras sisa air dari  bayam/spinat secara perlahan


Beri bumbu: 1 sdt kecap asin/soy sauce, secubit garam, 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 1 sdm minyak wijen


Aduk sampai bumbu merata, kemudian pindahkan ke piring saji

Zucchini/ketimum/labu siam

 Potong zucchini seperti bentuk korek api, beri garam, aduk sampai rata


 Tumis dalam minyak sayur


Setelah zucchini matang (warnanya berubah menjadi sedikit transparan), angkat dan pindahkan ke piring saji

Jamur shiitake

Potong jamur shiitake seperti gambar di atas. Jika menggunakan shiitake kering, rendam dulu dalam air selama beberapa jam sampai mengembang penuh dan tidak keras, setelah itu  peras airnya, kemudian  baru dipotong-potong dan siap digunakan.

Tumis dengan 1 sdt minyak sayur,


tambahkan 2 sdt soy sauce/kecap asin, 1-2 sdt gula pasir, aduk selama 2 menit kemudian tambahkan minyak wijen sesuai selera. Angkat dan pindahkan ke piring saji, bersama sayuran lainnya.



Wortel
 Potong wortel seperti bentuk korek api


Tumis selama 30 detik dalam minyak panas.
Alternatif lain, tanpa ditumis juga enak dan wortel lebih kriuk-kriuk

Daging

Daging di tumis dalam minyak sayur yang sudah dipanaskan, aduk sampai setengah matang, kemudian tambahkan 4 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdm kecap asin, 1/2 sdm gula pasir, sedikit merica dan 1 sdt minyak wijen. Aduk rata sampai matang, kemudian simpan di atas piring saji bersama bahan-bahan lainnya.


Telur mata sapi 

Buat telur ceplok/telur mata sapi sesuai selera, bisa matang, setengah matang atau kalau suka mentah juga bisa (tanpa dimasak langsung dicampur dengan nasi dan bahan-bahan lainnya).


8 comments:

  1. Terimakasih infonya..hehhe… saya juga pernah liat makanan kaki lima di fb kto Indonesia dan twitternya, tau gak dimana restoran yg ada jajajan pasar kayak gitu, topokki atau yg ditusuk2 kalo gak salah eomuk (baso Korea) itu kalo di drama yang suka ada di pinggir jalan.. pengen banget ngerasain yg ditusuk2 n pake saos itu tuuh… TT

    stylish generation

    ReplyDelete
  2. iyha, sama2, hehhe
    ya q jga pngin bnged coba, tpi di kota g ada, kota q kecil sih, klau pun ada cma yg instan di supermarket, g tau kalau d kota2 besar, hehee

    ReplyDelete
  3. wah mbak Vitry ini pengamat makanan di drama Korea ya? Sampe2 hampir semua drama diperhatiin ada makanan apa aja, hehehe…. Artikelnya bagus mbak,ikutan lomba blog Touch Korea Tour aja mbak, lumayan, siapa tau aja bisa menang dan pergi ke Korea gratis.

    blogwalking ya dari cantikalayanti.blogspot.com, mohon kunjungan dan follow baliknya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. @Danny
    Hehhe, trimkasih, suka makan juga sih, jadi pingin tau aja makanan korea,..
    Hahha, cuma iseng2 ngeblog aja, makasih infonya,.

    ReplyDelete
  5. min boleh tanya gak ? aku lihat di drama high school love on itu kan woohyung jual kue beras pedas, nah pas di episode berapa gitu aku lupa yang selbi sama woohyun dapet pesanan banyak banget itu nama makanannya apa ya ? yang kayak printilan jagung gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga kue beras pedas, cuma bentuknya bulir2 kek printilan jagung gitu

      Delete
  6. Min mau nanya, nama cemilan yg ada di drama "Blood" apa ya namanya? Itu lho daging yg dibungkus platik ketat gitu. Yg dimakan sm dokter yg cewek. Apa ya namanya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy enggak liat Blood jd kurang tau yg dimaksud, tp setauku biasanya kalau daging dibungkus platik ketat atau diikat pake tali ketat, biasanya itu cuma proses sebelum daging dimasak

      Delete